Junrejo Bersiap Sambut Pesta Demokrasi

BPD Lantik Panitia Pilkades

Ketua panitia Pilkades 2019 Simon Purwo Ali bersama anggotanya saat dilantik wakil ketua BPD Sunarso Basuki. (Foto: Doi Nuri)

BATU | BIDIK.NEWS – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Junrejo pada Sabtu (13/7/2019) malam, membentuk panitia pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Pelantikan itu berdasarkan surat keputusan dari Walikota Batu nomor 188.45/282/KEP/422.012/2019 tentang penetapan tahapan pemilihan Kepala Desa serentak Kota Batu 2019,

Komposisi panitia berasal dari pemerintah desa, tokoh masyarakat dan lembaga desa (LPMD, Karang Taruna, PKK, BUMDES dan Linmas).

Wakil Ketua BPD Junrejo Sunarso Basuki, menjalankan mandat dari Gatot Siswodiarno selaku Ketua BPD untuk membentuk panitia pelaksana Pilkades secara demokratis sekaligus melantik team bentukan masyarakat tersebut. Ia mengharapkan, dengan terbentuknya panitia ini mampu mengawal proses pemilihan yang jujur dan bisa melahirkan pemimpin yang amanah.

“Saya bersyukur malam ini sudah terbentuk panitia, harapannya mereka yang mendapatkan amanah ini bisa bertugas dengan baik mengawal pesta demokrasi warga Junrejo, dan paling penting hingga prosesi selesai Junrejo tetap kondusif dan aman,” ungkapnya.

Untuk diketahui, anggaran operasional untuk pelaksanaan Pilkades 2019 ini, Desa Junrejo akan mengelola anggaran kurang lebih sebesar 85 juta rupiah. Berfungsi sebagai pengawas, BPD Junrejo menyerahkan personal yang mengisi kepanitiaan dari berbagai unsur kemasyarakatan, untuk melaksanakan tahapan demi tahapan pemilihan yang telah ditetapkan akan digelar pada 2 Oktober 2019 mendatang.

“Yang jelas dari Pemerintah Desa wajib ada tiga orang dengan ketentuan Sekdes, Kaur dan Bendahara. Sisa kuotanya dimasuki oleh lima tokoh masyarakat, kemudian mewakili lembaga Desa, satu orang dari karang taruna, dua dari LPMD dan dua dari PKK. Jadi totalnya 13 orang,” imbuh Sunarso Basuki.

Sementara itu, Simon Purwo Ali selaku ketua panitia terpilih dari unsur tokoh masyarakat menghimbau masyarakat Desa Junrejo untuk memaksimalkan momentum demokrasi ini untuk turut menentukan masa depan Junrejo mendatang.

“Kami baru saja dipilih dan dilantik, malam ini juga kami sudah mulai bekerja. Masyarakat Junrejo dengan jumlah calon DPT kurang lebih 7000 jiwa, seluruhnya kami harapkan bisa memaksimalkan kesempatan menentukan pemimpin Desa Junrejo, dalam artian tidak ada yang golput,” pungkas mantan anggota DPRD Kota Batu itu. (*/doi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*