Pemkab Jember dan Puslikoka serta Bank Indonesia Akan Selenggarakan Holistic Cofee Expo 2021

0
60

JEMBER –  Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) bersama Pemerintah Kabupaten Jember dan dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember akan menyelanggarkan Holistic Cofee Expo (HCE) 2021.

Event HCE 2021 dilakukan secara Hybrid (Daring dan Luring) selama bulan Desember yang mencakup tiga aspek sudut pandang kopi yaitu bisnis, budaya dan kesehatan.

Plt. Kepala Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan Jember, Imam Sudarmaji menyampaikan tujuan diadakanya Holistic Cofee Expo (HCE) 2021.

” Event HCE tahun ini bertajuk tema “Bangga Kopi Nusantara” yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Kopi Nusantara dan upaya meningkatkan kosumsi kopi nasional,” tuturnya saat Press Release di Puslikoka, Senin (29/11/2021).

Ia menjelaskan bahwa setiap tahunnya, kopi di Kabupaten Jember memproduksi kurang lebih 14 ribu ton dalam satu tahunnya, tetapi petani kopi masih terkendala dalam hal pemasarannya.

” Dalam Event ini kita akan mengundang beberapa petani kopi dan para pembisnis untuk bekerjasama juga memberikan edukasi terkait dengan pemasarannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KPwBI Jember Hestu Wibowo menyampaikan, dengan adanya even HCE dapat meningkatkan potensi perekonomian Jember khususnya bagi pelaku UMKM dan juga para petani kopi.

” Kabupaten Jember memiliki potensi komoditas ekspor yang cukup besar salah satunya kopi yang bisa meningkatkan potensi perekonomian Jember,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan tiga tugas pokok utama BI diantranya terkait pengembangan ekonomi, di wilayah kerja Bank Indonesia Jember meliputi eks-Karesidenan Besuki dan Lumajang (Sekarkijang).

” Puslit koka hanya ada di Jember secara nasional sehingga sekalian kita branding untuk potensi ekonomis secara nasional,” ucapnya. (lilik s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here