Kejari Gresik Musnahkan BB Senilai Milyaran Rupiah

0
62
Keterangan foto : Kajari Gresik, Heru Winoto bersama Sekda Gresik, perwakilan PN Gresik, Polres Gresik, BNN dan Diskominfo, Bea cukai saat melakukan pemusnahan BB.

GRESIK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik musnahkan barang bukti (BB) senilai miyaran rupiah dari 370 perkara pidana pada tahun 2021 yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht), Rabu (24/11/2021).

Pemusnahan BB dilaksanan dihalaman kantor Kejari Gresik yang dihadiri oleh Kajari Gresik, Heru Winoto, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik,  Achmad Washil M Rachman, Ketua PN Gresik yang diwakili Fatkur Rochman, Polres Gresik, Bea Cukai, BNN Kabupaten Gresik, Dinas Kominfo dan beberapa undangan lainnya.

BB yang dimusnahkan diantaranya, Shabu-shabu (SS) seberat 758,67 gram dari 330 perkara senilai Rp. 910.404.000, ganja seberat 120,65 gram berasal dari 8 perkara, pil double L sebanyak 89.962 butir dari 24 perkara, Hand Phone sebanyak 195 buah, Laptop satu buah, Sajam sebanyak 12 buah dari 5 perkara, senjata api dan senapan sebanyak 3 bua, Rokok tanpa cukai sebanyak 106.800 batang, miras 28 liter dan 20 helai pakaian dari 16 perkara serta uang palsu pecahan 100 ribu sebanyak 542 lembar.

BB SS dan pil koplo dimusnahkan dengan cara diblender halus dicampur dengan pembersih lantai. Sementara untuk BB Hp dan laptop dimusnahkan dengan cara di hancurkan pakai palu. Sedangkan untuk senpi dan senapan dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan alat pemotong besi. Untuk uang palsu dan rokok ilegal tanpa cukai dan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar. BB miras dan kosmetik dihancurkan dengan menggunakan alat berat silinder.

Kajari Gresik, Heru Winoto mengatakan bahwa pemusnahan BB ini dilakukan setelah perkara tersebut memiliki kekuatan hukum yang tetap. Saat ini data menunjukkan bahwa di Kabupaten Gresik ada peningkatan pada perkara narkoba.

“Perkara narkoba saat ini mendominasi perkara yang ada di Gresik. Setahun ini ada trend kenaikan pada perkara narkoba. Sampai bulan November saat ini perkara Narkoba ada sekitar 330 perkaran dengan BB yang berhasil disita seberat 758, 67 gram, “tegasnya.

Masih menurutnya, Kejari menghimbau kepada semua institusi agar terus menggencarkan perang melawan narkoba melalui penyuluhan hukum terkait bahaya narkoba agar masyarata Kabupaten Gresik kedepan terbebas dari narkoba.

Sementara itu, Kasi BB Nugroho Tanjung mengungkapkan bahwa pemusnahan BB ini dilakukan untuk perkara yang inkracht sampai bulan November 2021. (him)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here