SIG Bantu Rp 725 Juta untuk Bangun Sarana Umum & Pendidikan di Jateng  

0
34
General Manager of CSR SIG, Edy Saraya (tengah) saat melihat progres pembangunan TPQ Miftahul Anwar, di Kab. Grobogan, Jawa Tengah. (Ist)

KLATEN – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program SIG Peduli menyalurkan bantuan senilai Rp 725 juta untuk pembangunan sarana prasarana umum dan sarana pendidikan di Kab. Klaten, Sukoharjo, Surakarta serta Grobogan, Jawa tengah. Penyerahan bantuan dilakukan oleh GM of CSR SIG, Edy Saraya di Balai Desa Kalangan Kab Klaten, baru-baru ini.

Bantuan sarana dan prasarana umum yang diberikan diantaranya pembangunan talud jalan di Desa Jetiswetan, pengaspalan jalan di Desa Kalangan, Desa Ngering dan Desa Kebon, Kab. Klaten. Sedangkan bantuan sarana pendidikan berupa pembangunan kelas untuk TPQ Miftahul Anwar di Kab. Grobogan dan pembangunan kelas untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah Walisongo, bantuan alat peraga, serta prasarana pendidikan untuk Roudlotul Athfal (RA) Al Hilal di Ka Sukoharjo.

Selain itu, SIG juga memberikan bantuaan berupa peralatan perkantoran berupa laptop, proyektor serta sound system untuk Fatayat NU dan GP Anshor di Kab. Sukoharjo dan Surakarta.

Edy Saraya mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan kepedulian dan partisipasi aktif SIG terhadap peningkatan sarana dan prasarana, khususnya pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang peningkatan perekonomian, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

“Melalui bantuan pembanguanan talud dan pengaspalan jalan diharapkan dapat memberikan efek peningkatan ekonomi bagi warga, khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Bantuan pembangunan jalan ini dapat membuka akses perekonomian dengan tersambungnya infrastruktur jalan antar desa serta membuka jalan menuju lokasi industri rumah tangga milik warga,” jelas Edy Saraya.

Adanya bantuan pembangunan jalan disambut antusias oleh Bambang, salah satu warga Desa Kalangan Kab. Klaten. Menurutnya, bantuan pengaspalan jalan dari SIG ini telah membuka dan memperlancar akses ke industri batu bata dan industri tempe  yang ada di desanya.

“Bantuan pembangunan jalan ini telah memperlancar akses kegiatan warga antar desa untuk menuju tempat industri di sini. Bantuan ini sangat membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM), semoga dengan akses jalan yang lebih baik ini akan mendatangkan banyak pengunjung dan pembeli,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Muhammad Maghfur, Kepala TPQ Miftahul Anwar, Kab. Grobokan, menurutnya TPQ Miftahul Anwar selama ini tidak memiliki kelas, sehingga proses belajar bagi 75 siswa dilakukan di rumah pengurus. “Kami sangat bersyukur adanya bantuan pembangunan 3 ruang kelas ini. Kami berharap santri bisa lebih nyaman dalam menuntut ilmu serta peningkatan proses belajar mengajar dengan adanya ruang kelas yang representatif,” ujarnya. (ali/hari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here