Bantah Pakai Trawl Saat Menangkap Ikan Hakim Minta Dibuktikan di Persidangan

0
59
Foto : terdakwa bersama kuasa hukumnya saat sidang di PN Gresik dengan Agenda pemeriksaan terdakwa

GRESIK – Sidang perkara penangkapan ikan illega menggunakan jaring Trawl dengan terdakwa Ifan Suparno warga Desa Blimbing, Kecamatan Paciran Lamongan, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Senin (27/9/2021).

Persidangan kali ini telah mengagendakan pemeriksaan terdakwa. Diterangkan, awal mulanya terdakwa beserta kru KM Inda Jaya ke Masalembu untuk menangkap ikan. Sepulang menangkap ikan, Kapal mengalmai kebocoran di perairan Bawean,
Sepulang dari Masalembu mengalami kebocoran pipa di perairan Bawean.

Saat kapal bocor dan diperbaiki, terdakwa melakukan aktivitas menangkap ikan. Perbuatan itu diketahui oleh warga lalu melakukan penangkapan.

“Saya lari karena takut ditangkap massa. Mereka sambil membawa parang,” terang terdakwa kepada JPU Argha Bramantyo.

Pada keterangannya, terdakwa membantah kalau dia menggunakan jaring trawl yang didakwakan Jaksa. ” Saya tidak menggunakan jaring trawl tapi jaring cantrang,” tegas terdakwa.

Keterangan diluar BAP itu dipertegas oleh Hakim anggota, Bagus Trenggono untuk membuktikan kepada terdakwa kalau jaring yang digunakan jenis cantrang.

“Kalau tidak ada bukti bagaimana kami tahu dan yakin kalau terdakwa menggunakan trawl atau cantrang,” ujar hakim anggota Bagus Trenggono.

Sidang dengan Majelis hakim yang dipimpin Wiwin Arodawanti ditunda pada 4 Oktober dengan agenda tuntutan dari Jaksa penuntut umum.

Terpisah, kuasa hukum terdakwa, Fasichatus Sakdiyah akan menyiapkan bukti-bukti saat pledoi kalau terdakwa tidak menggunakan jaring trawl yang dituduhkan Jaksa. Dia menyebut, bahwa diwilayah Brondong Lamongan tidak ada nelayan yang memakai jaring trawl, mereka semuanya memakai jaring cantrang.

Menurutnya, jaring trawl atau cantrang sama-sama memiliki dampak terhadap kerusakan laut, terutama pada laut yang dangkal. “Kalau dangkal tentu sama-sama akan merusak karang, tapi kalau ditengah laut kedalaman tidak apa-apa,” jelasnya. (Him)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here