Gandeng BPJAMSOSTEK, PJB Lindungi Ribuan Relawan Covid-19 di Surabaya 

0
38
(Ki-ka) Guguk Heru Triyoko Kapala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Manajer CSR PT PJB Heri Supriyanto, dan Kadinkes Kota Surabaya drg Febria Rachmanita, MA. (Ist)

SURABAYA – Gelombang ke-2 pandemi Covid-19 telah berlalu dengan menyisakan berbagai cerita perjuangan mereka yang selamat maupun perjuangan para pekerja di garda depan dalam penanganan dan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Relawan menjadi salah satu pekerja di garda depan yang punya banyak peran di masa pandemi ini. Mereka bertugas sebagai tenaga bantu vaksinasi, pengemudi ambulance, petugas pemulasaraan jenazah Covid, tenaga umum, maupun tenaga administrasi.

Posisi relawan sebagai pekerja yang rentan terhadap serangan Covid-19, mendorong PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) memberikan bantuan perlindungan asuransi bagi mereka. Asuransi diberikan pada 1.000 relawan di Surabaya selama 3 bulan masa gelombang ke-2 pandemi Covid-19. Asuransi ini melindungi para pekerja dari risiko kecelakaan kerja maupun risiko kematian.

Apa yang dilakukan PJB mendapatkan apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK karena dianggap mendukung Program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran). Apresiasi piagam penghargaan diberikan Guguk Heru Triyoko Kapala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo kepada Manajer CSR PT PJB Heri Supriyanto, Rabu (22/9/2021) saat sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan di Surabaya.

Perlindungan bagi para pekerja rentan salah satu wujud komitmen PJB mendorong upaya pemerataan kesejahteraan sosial masyarakat. “Resiko pekerjaan yang dihadapi sangat besar, mereka punya keluarga yang perlu dilindungi, dengan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) maupun Jaminan Kematian (JKM), diharapkan memberikan rasa aman bagi para relawan,” tutur Heri.

Selain perlindungan asuransi bagi relawan di Surabaya, PJB juga memberikan dukungan bagi kegiatan Dinkes Kota Surabaya berupa bantuan alat-alat kesehatan. Bantuan diserahkan Heri Supriyanto dan diterima Kepala Dinkes Kota Surabaya, drg Febria Rachmanita, MA, di Kantor Dinkes Surabaya.

Bantuan yang diberikan terdiri dari Disinfektan 1000 liter, alat semprot elektrik 10 pcs, baju hazmat 200 pcs, masker N95 20 box, tabung oksigen 15 pcs ukuran 1m3 dan 6 m3, sepatu boot 50 pcs, masker medis 100 box, sarung tangan 50 box, dan nurse cap 100 box untuk penanggulangan Covid-19 di Surabaya. Bantuan yang terkumpul didistribusikan sesuai jenisnya.

drg Febria Rachmanita, MA menyampaikan apresisasi atas partisipasi perusahaan dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Surabaya. Bantuan ini salah satu aksi nyata dari komitmen manajemen PT PJB untuk saling bersinergi dengan stakeholders dalam hal penanggulangan bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here