Nenek Membuang Bayi Divonis 3,5 Tahun

0
48
terdakwa saat sidang putusan secara virtual di PN Gresik.

Gresik – Terbukti membuang bayi dilahirkan dari rahim anak kandungnya, terdakwa Hardiyaning Astiti Eka (42) warga perum Graha Oma Indah Menganti, Bringkang divonis dengan hukuman penjara selama 3 tahun dan 6 bulan oleh Mejelis hakim yang diketua Rina Indrajanti.

Pada amar putusan, terdakwa yang merupakan nenek kandung dari bayi malang tersebut terbukti melanggar pasal 306 ayat (2) KUHP Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. ” Menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 3 tahun dan 6 bulan,” tegas Rina saat membacakan putusan, Rabu (14/09/2021).

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa Salvida Putri dari Kejaksaan Negeri Gresik yang menunutut terdakwa dengan hukuman penjara selama 5 tahun. Atas putusan itu baik jaksa maupun kuasa hukum terdakwa Muhammad Fatkhur Rozi menyatakab pikir- pikir.

Berdasarkan fakta dan bukti dipersidangan, terdakwa Hardiyaning Astiti Eka, menyuruh anak kandungnya, terdakwa inisial AEF ( berkas terpisah ) agar bayi perempuan hasil hubungan gelap diluar nikah tersebut dibuang ditempat sampah. Perintah ibunya tersebut dilakukan oleh terdakwa AEF, sehabis melahirkan bayi mungil yang tak berdosa itu, terdakwa AEF lalu membuang bayinya hingga meninggal dunia. (him)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here