KSOP : KMP Yunice Tenggelam Karena Terserat Gelombang Setinggi Empat Meter

0
113
Benyamin Ginting

BANYUWANGI – Penyebab tenggelamnya Kapal Muatan Penumpang (KMP) Yunice di Perairan Selat Bali, Selasa (29/06/2021) malam dikarenakan gelombang tinggi yang mencapai empat meter.

Hal itu disampaikan Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Wangi, Benyamin Ginting kepada wartawan, Rabu (30/06/2021) malam.

“Kami mendapat informasi jika sebenarnya posisi kapal sudah akan sandar di Pelabuhan Gilimanuk, namun karena kapal itu bermanuver dari arah selatan menunggu sandar, akhirnya terbawa arus ke arah selatan, begitu terseret arus kapal mulai miring kekiri dan dalam hitungam 5 menit langsung tenggelam,” ungkap Ginting.

Berdasarkan keterangan kapten kapal, Ginting memastikan tidak ada kebocoran di bagian mesin kapal dan juga tidak kelebihan muatan.

Dari data manifest, lanjut dia, jumlah penumpang  KMP Yunice adalah sebanyak 41 orang ditambah awak kapal 12 orang, jadi jumlah total 53 orang.

“Awak kapal seharusnya 14 orang, namun yang berangkat hanya 12 orang,” ujarnya.

Untuk korban selamat hingga malam ini berjumlah 33 orang, sedangkan yang meninggal dunia 6 orang. Keenam korban meninggal tersebut terbawa arus kearah selatannya Gilimanuk, karena itu korban dibawa puskesmas yang ada di Gilimanuk.

“Jadi, korban yang ditemukan jumlahnya 39 orang, berarti masih ada 14 orang lagi yang belum diketemukan. Untuk itu, kami akan terus berkoordinasi dengan tim terbaik Basarnas untuk melakukan pencarian setelah ombak reda,” pungkas Ginting.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here