Bobol Rumah Klien, untuk Gaya Hidup dan Bayar Hutang

0
62
Kapolsek Manyar, tersangka, dan barang bukti

GRESIK – Yoga Windy Agustian (27) seorang Master of Ceremony (MC) harus menghuni dinginnya lantai dibalik jeruji besi.

Tuntutan gaya hidup dan jeratan hutang pinjaman online membuatnya nekat membobol rumah kliennya sendiri.

Pelaku yang merupakan warga perum PPS, Desa Suci, Kecamatan Manyar ini melakukan aksi pencurian perhiasan dengan total berat kurang lebih 80 gram dan uang tunai sebesar Rp 10 juta. Selain menjadi MC, tersangka sering mendapatkan jasa iklan di akun instagram pribadinya.

Ia beraksi seorang diri. Hubungannya dengan korban yang merupakan kliennya bernama Akhmad Syaiful Latif, 28, warga Perum Permata Suci (PPS) sudah sangat akrab, karena tersangka merupakan MC saat pernikahan korban.

Sudah beraksi dua kali, pertama Kamis 3 Juni saat di rumah korban berpura-pura ke toilet kemudian mengambil sejumlah perhiasan korban.

Pelaku kemudian menuju depan salah satu hotel, mengecek keaslian perhiasan sebelum dijual di Mojokerto dan mendapatkan uang sebesar Rp 24 juta.

Ada empat buah perhiasan dan satu gesper sabuk yang imitasi langsung dibuang oleh tersangka di sungai.

Beberapa hari kemudian, pada Sabtu 5 Juni pelaku kembali beraksi saat mengetahui status whatsapp (WA) istri korban yang sedang berlibur keluar kota bersama suaminya.

Berpura-pura menanyakan keberadaan korban untuk sekadar mampir mengambil mic. Saat itu, pelaku datang mengendarai mobil mpv ke rumah korban yang kosong sekitar pukul 20.00 Wib.

Dia masuk dalam rumah korban karena telah mengetahui letak kunci. Pelaku beraksi mengambil kunci dan membuka almari rumah korban dan mengambil perhiasan seberat 1,46 gram, dua buah gelang 2 gram, satu cincin 2 gram, empat gelang lapisan emas, uang tunai Rp 10 juta. Barang curian itu dimasukkan ke dalam saku celana.

Kemudian dia mengunci pintu dan pagar rumah korban seperti sedia kala lalu meninggalkan lokasi kejadian.

Apes, aksinya ini terekam CCTV rumah korban.

Perhiasan itu digadaikan di pegadaian Gresik. Hasil kejahatan kedua, tersangka mendapat uang sebesar Rp 4,5 juta.

Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana, SIK, MH mewakili Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM menerangkan pelaku pencurian dengan pemberatan pembobolan rumah ini diamankan kurang dari sepekan.

“Uang hasil curian digunakan untuk membayar hutang, memenuhi gaya hidup tersangka sendiri. Sebagian hasil curian dibelikan pakaian dan lain sebagainya. Modusnya memang pertama hutangnya banyak dan gaya hidup,” ungkap Bima Sakti, Kamis (24/6).

Gaya hidup tersangka ini seperti selebgram. Mulai dari travelling, kemudian shopping atau belanja barang branded.

Tersangka selain terjerat pinjaman online, dia juga memiliki hutang kepada Wedding Organizer yang menggandengnya, tersangka tak kunjung menyetor uang hasil job manggung. ( ali )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here