8 Anggota ABI Jalani Sumpah Advokat di Pengadilan Tinggi Bali

0
81
8 advokat ABI berswafoto bersama ketua umum ABI usai sumpah advokat di PT Bali, Senin (21/6)

SURABAYA — Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar Bali, menggelar acara sumpah advokat bagi 8 advokat dari organisasi Advokat Bangsa Indonesia (ABI).

Acara sumpah advokat tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Zaid Umar Bibsaid, S.H., M.H, Ketua Umum ABI, Sri Sudarti S.E, S.H, M.H, Sekretaris Jenderal ABI, Mijoto, S.H, M.H, Ketua ABI DPD Bali, I Wayan Baktiasa, S.H, M.H, CLA, CLI.

Ketua Pengadilan Tinggi Bali, Zaid, pada saat pengangkatan dan pengambilan sumpah mengucapkan selamat kepada 8 advokat yang disumpah serta memberikan petuah untuk menjadi seorang advokat yang baik.

” Selamat anda sudah menjadi Advokat Jadilah advokat yang jujur dan baik, tegakkan kebenaran dan keadilan. Bela kaum yang lemah dan tertindas,” tutur Zaid, Senin (21/6).

Sri Sudarti, saat dikonfirmasi terkait pengangkatan dan pengambilan sumpah pada 8 anggotanya tersebut berharap nantinya para advokat ABI yang telah emiliki Berita Acara Sumpah (BAS) dari Pengadilan Tinggi, hendaknya bekerja secara profesional serta berpedoman pada kode etik advokat sesuai apa yang telah disampaikan oleh pemateri saat pendidikan.

” Saya ucapkan selamat pada rekan-rekan yang telah di angkat menjadi advokat. Semoga dapat menjalankan amanah profesi mulia ini dengan penuh tanggung jawab. Jaga kehormatan profesi dan pegang teguh kode etik advokat. Profesi ini sudah menjadi pilihan rekan-rekan sendiri, maka jadilah advokat yang dapat dipercaya, advokat yang bermoral dan memiliki integritas tinggi. Sekali lagi selamat buat rekan-rekan semua,” ucap Ketua Umum ABI itu, Selasa (22/6).

Sedangkan Mijoto, saat dihubungi melalui sambungan ponselnya mengatakan dalam waktu dekat ABI akan melaksanakan Pengambilan sumpah advokat di dua tempat yakni Jawa Timur dan Jakarta.” Kita akan adakan di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan Pengadilan Tinggi Jawa Timur,” ujar Mijoto.

Sementara itu, I Wayan Baktiasa menjelaskan, bahwa sejatinya ada 12 advokat yang akan diangkat dan diambil sumpahnya. Karena terganjal administrasi persyaratan, 4 orang ditunda terlebih dahulu.

” Alhamdulillah hari ini 8 Advokat ABI Bali telah disumpah, sebenarnya ada 12 orang yang mengikuti Pendidikan advokat, namun karena yang 4 belum menyelesaikan persyaratan sumpah, maka kita dahulukan dulu yang sudah siap” kata I Wayan Baktiasa, saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Untuk diketahui, sebelumnya para advokat yang di sumpah, mengikuti pendidikan advokat secara daring dan tatap muka yang diikuti peserta dari Bali, Jakarta dan Surabaya yang kemudian mengikuti ujian.

Sesuai tujuannya organisasi advokat ABI dibentuk bertujuan untuk mencetak Advokat – Advokat yang siap melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum dan yang memiliki dedikasi tinggi dalam memperjuangkan keadilan tanpa melihat latar belakang suku ras dan agama yang sejalan dengan Undang – Undang Advokat nomor 18 tahun 2003. (Imron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here