Inovasi Songkok Ramli, Rambah Beberapa Kota Besar

0
2820
[16:54, 9/25/2020] +62 821-4350-9605: Muhammad Jefri memeriksa songkok sebelum dikemas dalam kotak

GRESIK— Songkok atau peci, bukan hanya identitas muslim, namun sudah menjadi ciri khas dari budaya Indonesia, dari anak anak, remaja, dewasa, hingga usia senja, mereka bangga memakainya.

Gresik sebagai kota santri dan kota wali, sejak lama sudah terkenal dengan home industri songkok dari yang biasa hingga yang dengan asesoris, dari harga ekonomi hingga yang eksklusif.

Songkok dengan dengan merk dagang ” Ramli ” yang pemasarannya meliputi : Jawa, Sumatera, Kalimantan, Lombok, yang mempekerjakan puluhan tenaga kerja, ketika terjadi pandemi Covid di sekitar lebaran ketupat dan lebaran haji, yang menjadi puncak penjualan, pemasaran nyaris lumpuh, namun industri rumahan songkok harus berjalan.

Inovasi dengan membuat songkok bagi anak anak dengan di beri lukisan timbul yang digemari anak anak, misalnya berbagai tokoh yang disenamgi kelompok anak, dipadu dengan motif lukisan yang mendukung gambar tersebut.

” selain lukisan timbul yang beragam warna dan karakter anak anak, saat ini kami tambahkan lagi dengan lampu aneka warna yang menyala ketika tersentuh, dan respon pasar juga lumayan bagus,” jelas Muhammad Jefri. Jumat ( 25/9)

Selain pemasaran secara konvensional dan sangat terbatas karena pandemi, pihaknya juga membuat terobosan dengan pemasaran lewat media sosial, dan online, dampaknya laju penjualannya sangat bagus.

Sakri salah satu porang sebutan pekerja di bidang pembuatan songkok, bahwa awal tahun 2020 stock di gudang lumayan banyak, dan hingga kini tidak pernah merumahkan pekerja ketika terjadi pandemi Covid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here