Sita Jaminan Dikabulkan KKS Kuasai Rumah dan Mobil Tergugat

0
856
Juru Sita PN Gresik saat membacakan putusan sita jaminan

Gresik – Sita jaminan yang dimohonkan oleh penggugat Pengurus Koperasi Karyawan Smelting (KKS) melawan Priyo Kuncoro telah dikabulkan Majelis Hakim. Juru sita Pengadilan Negeri (PN) Gresik telah mendatangi rumah beralamat di Jl. Taman Rubby No.15, Pondok Permata Suci (PPS), Kecamatan Manyar, Senin (10/08/2020).

Juru sita telah melakukan sita Jaminan (Conservatoir Beslag) terhadap benda tidak milik Priyo Kuncoro berupa rumah dan mobil kijang innova nopol L 1978 CR. Sita jaminan ini dilakukan karena tergugat yakni Priyo Kuncoro tidak melakukan pembayaran hutang pada KKS akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Nuroso selaku juru sita PN Gresik, telah membacakan putusan sita jaminan No.22/Pen.CB 2020/PN.Gresik,”Menimbang adanya kekhawatiran atau ketersangkaan dari pihak termohon untuk mengalihkan, memindah tangankan jaminan yang dimaksud. Maka Pengadilan Negeri Gresik melakukan sita jaminan saja, selanjutkan akan menunggu putusan pada Rabu 12 Agustus 2020,” tegasnya.

Proses gugatan ini dilakukan kepada 125 anggota KKS yang tidak ikut gelombang PHK massal akan tetapi masih ada tanggungan hutang ke koperasi yang tidak dibayar. Sehingga pengurus KKS melakukan gugatan sederhana pada 125 karyawan Smelting, salah satunya tergugat Priyo Kuncono.

Sita Jaminan Dikabulkan KKS Kuasai Rumah dan Mobil Tergugat 1
Anggota KKS saat menyaksikan sita jaminan.

Dalam digugatan diketahui, tergugat memiliki hutang ke KKS sebesar Rp. 300 juta. Sehingga pihak KKS melakukan gugatan agar tergugat memenuhi kewajiban hutangnya.

Sebagai catatan, pinjaman hutang anggota KKS bervariatif, mulai Rp 20 Juta sampai ada yang Rp 300 Juta dengan total hampir Rp 2 Miliar lebih.

Ketua pengurus Koperasi Ruston Effendy, mengatakan, tergugat Priyo Kuncoro merupakan salah satu dari 125 anggota yang tidak menenuhi kewajiban hutang pada koperasi. Besarnya hutang tergugat lebih dari Rp. 300 juta.

“Secara bergantian, kami akan melakukan gugatan sederhana agar mereka melakukan pembayaran atas hutang koperasi yang belum terpenuhi. Untuk itu, kami tegaskan kepada anggota koperasi yang masih memiliki hutang untuk segera melakukan pembayaran, agar kami tidak menempuh jalur hukum melalui gugatan,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, alhamdulilah hari ini telah dilakukan sita jaminan atas permohonan kami. “kami bersyukur sita jaminan kami dikabulkan,” urainya.

Sementara itu, pengawas koperasi KKS Kasman Danny mengatakan bahwa, peletakan penyitaan aset yang dilakukan PN Gresik disaksikan oleh 50 anggota koperasi.

“Kami terpanggil untuk menyaksikan peletakan penyitaan aset. Kami menghimbau kepada teman-teman yang masih kerja di PT. Smelting agar melakukan pembayaran atas hutangnya. Jika tidak, maka kami akan terus mengejar dan melakukan upaya hukum agar mereka melunasi hutangnya,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here