Kapan Giliran Harun Masiku Ditangkap ?

0
488
Harun Masiku

JAKARTA – Nurhadi mantan Sekretaris MA (Mahkamah Agung) yang menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil ditangkap dalam waktu yang tidak lama.

Kemudian buronan koruptor kasus Cessie Bank Bali, Djoko Tjandra, juga berhasil ditangkap dalam waktu yang juga tidak lama. Kini giliran, kapan mantan Caleg PDI-P Harun Masiku ditangkap, yang hingga saat ini masih bebas berkeliaran.

Padahal sudah lama ditetapkan sebagai tersangka dan masuk DPO (Daftar Pencaharian Orang). Harun Masiku adalah buronan KPK, terkait kasus suap pengurusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 .

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat tersangka, diantaranya Ex Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fredelina, Saful dan Harun Masiku, ketiganya saat ini sedangkan menjalani proses peradilan, hanya Harun Masiku masih bebas berkeliaran.

Untuk itu, ada apa sebenarnya kendala yang dihadapi KPK dalam memburu sang buron ini, yang disebut -sebut sarat dengan aroma politik.

Menanggapi hal itu, I Wayan Titip Sulaksana SH pegiat anti korupsi yang juga praktisi hukum dari Universitas Airlangga, mengatakan, bahwa buronan yang satu ini, memang sarat dengan nuansa politik, sehingga KPK sepertinya terkendala dengan keberaniannya yang selama ini menjadi “Brandnya” yang dikenal tanpa pandang bulu.

“Saya menduga ada kekuatan campur tangan parpol, untuk melindungi Harun Masiku,” ujar I Wayan saat dihubungi melalui telephon sululernya.

Bahkan, masih kata I Wayan,” Sebab apabila Harun benar-benar ditangkap, akan berbahaya bagi parpol tersebut,” tandasnya.

Tidak itu saja, bahkan I Wayan menilai komisioner KPK saat ini tidak memiliki keberanian, dibanding KPK dimasa lalu, dicontohkan dalam kasus korupsi Nazzarudin yang saat itu menjabat sebagai Sekjen Partai Demokrat sebagai partai berkuasa,” Tapi kenyataannya, KPK berani dan mampu menangkap hingga memproses hukum, padahal pada saat itu, Nazzarudin sebagai Sekjen Partai berkuasa,” Kata I Wayan Titip Sulaksana SH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here