Perbaiki Infrastruktur, Promosikan Potensi Wisata Secara Masif

0
46
foto: Achmad Amir Aslichin (Mas Iin). (Ist).

SIDOARJO- Sidoarjo memiliki sejumlah potensi wisata yang bisa dikembangkan dengan baik. Jika terterintegrasi dan dikelola dengan tepat maka potensi wisata itu bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat Kota Delta.

Calon bupati Sidoarjo 2020, Achmad Amir Aslichin melihat ada banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Sidoarjo. Misalnya destinasi wisata alam geopark lumpur Sidoarjo. Wisata tersebut bisa diintegrasikan dengan wisata pulau Lusi, candi di Porong dan wisata belanja di Tanggulangin. “Jika dijadikan satu kemasan yang saling mendukung maka akan sangat potensial,” kata cabup dari kader PKB itu.

Mantan anggota DPRD Sidoarjo dua periode itu berharap ada perbaikan infrastruktur di masing-masing destinasi wisata. Harapannya, para wisatawan lokal dan mancanegara bisa nyaman saat berkunjung ke masing-masing tempat wisata. “Kemasannya harus berstandart internasional. Maka kita harus bisa membenahi dengan baik,” ucap anggota DPRD Jawa Timur yang akrab disapa Mas Iin itu.

Kawasan pesisir di Sidoarjo, imbuh Mas Iin juga bisa dikelola dengan baik. Pengembangan kawasan waterfront village dengan mengoptimalkan berbagai potensi pesisir pantai dan sungai bisa jadi sarana rekreasi keluarga, perekonomian dan budaya.

Selain itu, banyaknya pusat pemancingan bisa dijadikan wisata rekreasi keluarga yang potensial. Pembenahan dermaga kecil di kawasan pesisir juga bisa jadi pusat wisata yang instagramable.

Mas Iin menambahkan, wisata religi di Sidoarjo juga bisa dikembangkan dengan baik. Di antaranya wisata religi makam Mbah Ud dan makam Dewi Sekardadu. Banyaknya peziarah yang datang bisa dimanfaatkan untuk geliatkan perekonomian masyarakat. “Untuk peziarah di makam Dewi Sekardadu bisa disediakan kapal dan sejumlah infrastruktur yang layak menuju akses makam,” jelasnya.

Karena itu, lulusan The University of Melbourne, Australia ini berharap potensi wisata yang ada di Sidoarjo itu digencarkan lewat promosi yang masif. Banyaknya wisatawan yang datang di Kota Udang ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar. Jika destinasi semakin booming maka pengelolaan tempat wisata juga bisa terus dibenahi secara bertahap.

Menurut Mas Iin, pengembangan wisata jangan mengesampingkan pemberdayaan masyarakat desa. Dengan peran serta masyarakat sekitar maka, pengelolaan wisata akan semakin baik. Dampaknya juga akan terasa bagi masyarakat tersebut. “Akan ada rasa memiliki untuk menjaga dan merawat destinasi wisata. Keterlibatan masyarakat desa sangat penting,” jelas inisiator Pesona Desa itu.

Jika dipercaya memimpin Sidoarjo, Mas Iin akan secara maksimal mengembankan potensi wisata tersebut. Termasuk memonitoring kebutuhan di masing-masing destinasi wisata untuk dikembangkan secara maksimal. “Jadi sasarannya akan tepat. Baik itu perbaikan infrastruktur maupun kebutuhan di lapangan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here