Penambang Belerang, Akhirnya Diketemukan Tewas di Danau Kawah Gunung Ijen

0
71
Foto  : Tim Gabungan Ops SAR saat mengevakuasi jenazah korban

BANYUWANGI – Penambang belerang yang sebelumnya dikabarkan hilang di Danau Kawah Gunung Ijen akhirnya berhasil ditemukan.

Korban ditemukan setelah Tim Gabungan melakukan Ops SAR pencarian korban hilang bernama Andika (61) tersebut, Sabtu (30/05/2020).

Ada sekitar 60 orang yang melakukan pencarian, diantaranya dari Posramil Licin, Polsek Licin, Basarnas, BPBD, dan rekan-rekan penambang.

“Alhamdulillah Tim Gabungan Operasi SAR telah menemukan korban di Danau Kawah Gunung Api Ijen pada hari ini sekitar jam 07.15 WIB. Saat ditemukan, korban telah meninggal dunia,” kata Letkol. Inf. Yuli Eko Purwanto, Komandan Kodim 0825 Banyuwangi.

Menurutnya, pelaksanaan evakuasi korban dilakukan dengan cara berenang oleh seseorang bernama Arifin (penambang belerang).

Kemudian, pada pukul 09.10 WIB, korban dievakuasi menuju Paltuding, Desa Tamansari, Kecamatan Licin oleh Tim Gabungan Operasi SAR, dan selanjutnya dievakuasi menuju Puskesmas Licin dengan menggunakan mobil BPBD Kabupaten Banyuwangi.

“Rencananya, korban akan dimakamkan di rumah duka, TPU Dusun Krajan, Desa Blambangan, Kecamatan Muncar,” pungkas Dandim.

Sebelumnya diberitakan, seorang penambang belerang bernama Andika (61), warga Dusun Krajan, Desa Blambangan, Kecamatan Muncar dikabarkan hilang di Danau Kawah Gunung Ijen, Jum’at (29/05/2020).

Hilangnya korban diduga akibat bencana meluapnya debit air Danau Kawah Gunung Ijen, yang disebabkan oleh dentuman atau ledakan yang terjadi didalam Kawah Gunung Ijen.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here