“Gus Ipul” Ikuti Jejak Mantan Bupatinya Jadi Terdakwa

0
34
Foto : Manta Bupati Sidoarjo Saiful llah .(Ist)

SURABAYA – Karier Win Hendarso dan Saful llah diibaratkan dua sisi mata uang yang sama . Keduanya sama-sama pernah menjabat sebagai bupati Sidoarjo . Ironisnya keduanya juga mengalami nasib yang sama, yaitu sama-sama berakhir dibalik jeruji besi. Pasalnya dalam waktu dekat ini KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi akan mulai menggelar sidang kasus korupsi di PN.Tipikor Sidoarjo, dengan terdakwa Bupati Sidoarjo Saiful llah. Ironisnya hal ini juga pernah dialami Bupati Sidoarjo sebelumnya, Win Hendarso yang pada saat itu Saful llah menjabat sebagai wakilnya.

Seperti diketahui Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (7/1/2020) malam di Pendopo Sidoarjo, melakukan OTT Bupati Sidoarjo Saful llah terkait dugaan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo itu bukan pejabat baru di Sidoarjo.

Sebelum menjabat sebagai bupati, dia sudah menjabat Wakil Bupati Sidoarjo 2 periode mendampingi Win Hendarso yang menjabat Bupati.

Win Hendarso sendiri pada 2013 divonis 5 tahun penjara karena kasus korupsi dana Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Sidoarjo senilai Rp 2,4 miliar.

Sukses mendampingi Win Hendarso selama 2 periode (2000-2010), Saiful Ilah yang populer dengan panggilan “Abah Ipul” itu memenangkan Pilkada Sidoarjo pada 2010.

Bahkan saat sebagai incummbent , Ia kembali memenangkan Pilkada Sidoarjo untuk periode 2016-2021 bersama Nur Ahmad Syaifuddin.

Selain sukses di karir politik, pria kelahiran 9 Agustus 1949 itu juga terkenal sebagai pengusaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here