Ratusan Pedagang di Empat Pasar Ini Jalani Rapid Test

0
36
Caption : para pedagang pasar saat mengikuti rapid test. (Monas)

JEMBER – Dalan upaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Jember, khususnya di lingkungan pedagang pasar, Kamis (28/05/2020) Pemkab Jember menggelar rapid test di 4 (empat) lokasi pasar tradisional.

Empat pasar tersebut adalah Pasar Kepatihan, Pelita, Bungur dan Kreongan. Ratusan pedagang dari empat pasar ini mengikuti rapid test yang diwajibkan oleh Pemkab Jember.

Dalam rapat internal sehari sebelumnya di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 yang melibatkan beberapa OPD, baik dari Dinas Kesehatan, Kominfo, BPBD, Camat, Lurah, TNI mapun Polri telah di bahas terkait kegiatan hari ini.

Dengan data yang dimiliki oleh Dinas perdagangan dan Perindustrian pendataan sekaligus undangan kepada para pedagang pasar bisa cepat dilakukan dan informasi terkait pelaksanaan rapid test ini cepat diterima oleh para pedagang.

Pantauan awak media,kegiatan rapid test yang turut dihadiri Kepala Dinas, Muspika, dan petugas dari Dinas Perhubungan.

Camat Kaliwates, Asrah Joyo Widodo, saat ditemui awak media menyatakan, pelaksanaan rapid test bagi pedagang pasar tradisional ini sangat penting. “Ini sesuai arahan pimpinan,dimana wilayah Kaliwates ini ada dua pasar yang dilakukan rapid test bagi para pedagang yaitu pasar Pelita dan Kepatihan,” ujar Asrah.

Masih Asrah, rapid test ini perlu dilakukan mengingat nanti tanggal 30 Mei 2020 pasar ini normal kembali,tentunya dengan tetap memperhatikan Physical distancing. Hal ini menjadi bekal bagi para pedagang karena mereka mengetahui kondisi dirinya dengan hasil rapid tesnya.

Sebagai tanda sudah menjalani pemeriksaan mereka dikenakan pin, pembeli akan tahu ketika berbelanja di pasar, pedagang yang pakai pin berarti sudah diperiksa dan dalam kondisi sehat.

Menurut data, ada 200 pedagang di pasar Kepatihan dan di Pasar Pelita juga ada sekitar 200 orang yang menjalani rapid test. Ngatiah (72) pedagang wedang kopi di pasar Kepatihan ini merasa senang mengikuti rapid test. “Katanya sih test darah, Alhamdulillah saya senang diperiksa biar sehat,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ahmad Sutikno (39) pedagang sayur di pasar kreongan yang juga merasa senang dengan adanya kegiatan rapid test ini. ” kegiatan ini baik sekali untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya setelah di ambil sampel darahnya oleh petugas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here