Kampung Tangguh Covid-19 Arjasa Jember Dilatih Pemusalaran Jenazah

0
27
Caption : petugas Kesehatan saat memberikan edukasi kepada masyarakat. (Monas)

JEMBER – Upaya pencegahan meluasnya penyebaran pandemi covid-19 terus gencar dilakukan oleh Pemkab Jember.salah satu upaya tersebut dengan membentuk Kampung tangguh Covid-19. Pembentukan Kampung tangguh tersebut ditindak lanjuti dengan berbagai edukasi kepada lingkungan sekitar,  Kamis (28/05/2020).

Desa Kamal Kecamatan Arjasa Jember menjadi salah satu Kampung Tangguh Pandemi covid-19, dalam upaya memantapkan lagi pengetahuan warga soal pencegahan penyebaran covid-19 petugas medis dari Puskesmas setempat turun memberikan edukasi.

Pengetahuan tentang penggunaan alat pelindung diri (APD), kesiap siagaan apabila ada warga dari luar Desa masuk dan cara pemusalaran jenazah menjadi materi dalam kegiatan tersebut.

Bertempat di Kantor Desa, Kepala Puskemas (Kapus) Arjasa, dr. Heppie Nuansa kepada Media menyampaikan bahwa materi yang diberikan hari ini mengenai APD, Kesiap siagaan saat ada warga luar Desa masuk dan cara pemusalaran jenazah.

“Ini sangat penting bagi masyarakat, karna mengenai APD masyarakat belum bisa membedakan mana untuk orang awam dan mana untuk medis,” jelasnya.

Berkaitan dengan pelatihan pemusalaran jenazah, ini hanya persiapan apabila di Desa Kamal ini ada orang meninggal dan harus dilakukan tindakan sesuai SOP kesehatan.

dr.Heppie menambahkan, kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 ini sangat penting dan harus dilakukan secara bersama-sama.

Saat ini proses pemusalaran jenazah dilakukan oleh tenaga medis rumah sakit, diharapkan dengan pelatihan hari ini masyarakat juga bisa berperan.

“Pemusalaran jenazah ini dapat dilakukan oleh pihak yang sudah mendapatkan pelatihan, terutama dari medis,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here