Berbekal Dua Tangan Yang Dimiliki, Ini Upaya Mahat Bertahan Hidup

    0
    223
    Mahat Zailani saat di temui waktu berteduh.(Monas)

    JEMBER – Berbekal anugerah dua tangan yang dimiliki, Mahat Zailani Warga Dusun Krajan Rt 011 Rw 005 Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Jember,  rela mengayuh sepeda tuanya keliling menjual es krim.

    Dengan kondisi tidak memiliki kaki dan hanya tangan yang menjadi alat bergerak untuk dirinya, Mahat tidak pernah menyesal dengan takdir hidupnya apalagi menggunakan kekuranganya untuk alat meminta-minta.

    Menjual es krim keliling menjadi alternatif dirinya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, pekerjaan yang sudah dilakoni beberapa tahun ini telah menjadi penopang satu-satunya untuk tetap bertahan hidup.

    Ditemui saat berteduh akibat hujan yang begitu lebat Mahat Zailani (56) tahun ini berbagi suka duka dirinya dalam menjalani aktifitas keseharianya. “Alhamdulillah mas saya masih diberi kesehatan, sehingga masih bisa jualan keliling,” tuturnya, Selasa (07/04/2020)

    Karena cukup lama diguyur hujan, Mahat terlihat menggigil, namun tetap semangat ingin berbagi cerita. “Jualan sekarang sepi banget mas, biasanya satu hari saya bisa dapat uang Rp 20 – 30 ribu, sekarang hanya dapat Rp 12 – 15 ribu sehari, apalagi musim penyakit seperti sekarang, sepi banget,” keluhnya.

    Masih Mahat,kepada wartawan Bidik dirinya menitipkan sedikit harapan kepada Pemerintah untuk memberi perhatian kepada kepada masyarakat kecil, yang hidup serba kekurangan apalagi di tengah wabah Covid-19 seperti saat ini.

    “Kondisi saat ini betul-betul sulit cari makan,dan sangat dirasakan sekali oleh masyarakat,” pungkasnya.

    Mahat yang biasa menaiki sepeda motor yang sudah di mudifikasi untuk menjajakan daganganya,kini harus mengayuh sepeda tua yang juga di mudifikasi dengan menggunakan kedua tanganya,hal tersebut dikarnakan sepeda motornya rusak dan belum bisa memperbaiki dikarnakan tidak memiliki uang untuk ke bengkel.

    Upaya dan kerja keras seorang Mahat Zailani patut di apresiasi dan didukung, dalam kondisi dirinya serba kekurangan tidak membuatnya menjadi seoraang yang menggantungkan hidupnya kepada orang lain dan ini perlu hadirnya pemerintah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here