Perangi Narkoba, BNNK Surabaya Sosialisasikan Award Surabaya Bersinar 2020

0
47
Kepala BNNK AKBP. Kartono, S.H.M.Hum saat jumpa media di kantor BNNK Kota Surabaya.

SURABAYA – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya, 11 – 30 November 2019 mulai mensosialisasikan kegiatan ‘Award Surabaya Bersinar’ (ASB) 2020.

Kepala BNNK AKBP. Kartono, S.H.M.Hum, memaparkan pentingnya kegiatan ini, mengingat Surabaya dinilai sebagai kawasan darurat Narkoba. Khususnya kawasan Jl. Kunti, Kel. Sidotopo, Kec. Semampir yang menjadi sorotan, karena dinilai menjadi pasar barang haram tersebut.

“Bahkan banyak diantara warga Sidotopo yang berurusan dengan hukum karena kasus narkoba,” katanya dihadapan relawan anti narkoba dari Pengiat BNNK (LPMK Kelurahan), relawan anti narkoba BNNP, pengiat anti narkoba (Plato & BANN) dan media, Senin (11/11/2019).

Sesuai catatan BNNK Surabaya 2016-2018, kata Kartono, di Surabaya setiap tahun rata-rata 300 orang menjalani rehabilitasi narkoba. Itu belum termasuk yang menjalani proses pidana yang jumlahnya sangat banyak. Ini berarti tingkat peredaran narkoba secara kuantitas naik dan secara kualitas sudah menyerang berbagai sasaran.

“Bahkan terakhir ada anak usia 8 tahun sudah menjadi pemakai sabu, dan saat ini menjalani rehabilitasi,” ucap pria yang baru 5 bulan menjabat ini di kantor BNNK Surabaya, Jl. Ngagel Madya V/22 Surabaya.

Dijelaskannya, dasar kegiatan ini adalah UU No. 35/2009 Tentang Narkotika Upaya P4GN dan INPRES No. 6/2018 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

Harapannya, dengan kegiatan ini, peserta dari generasi muda dan masyarakat mendapat pengetahuan yang mendalam tentang narkotika dan bahaya penyalahgunaannya. Nantinya bisa menjadi duta P4GN bagi dirinya dan keluarga, lingkungan dan masyarakat Kota Surabaya. Sehingga masyarakat dapat terlindungi dari kegiatan penyalahgunaan narkoba dan Kota Surabaya menjadi kota yang BERSINAR (Bersih dari Narkoba).

Sedangkan Yayuk Sri Wahyuningsih. ST, seksi acara ASB 2020 menjelaskan terkait teknis penilaian ASB 2020 yang akan dimulai 2 desember 2019 – 22 Mei 2020 di seluruh Kelurahan/kecamatan se kota Surabaya. Serta pengumuman pemenang ASB yang akan disampaikan di penutup 28 Juni 2019 di Taman Prestasi Ketabang kali Surabaya. (hari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here