Bidak-bidak PKL di Pasar Rogojampi

BANYUWANGI – Meskipun telah terjadi kesepakatan terkait tempat untuk relokasi, Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Rogojampi hingga saat ini masih menunggu kepastian waktu pelaksanaan relokasi tersebut.

Hal itu diungkapkan Koordinator PKL Pasar Rogojampi, Samsul saat ditemui disela-sela kesibukannya, Kamis (07/11).

Pria yang akrab dengan sebutan Cak Cung ini mengungkapkan, terkait tempat relokasi pihak Kecamatan masih memikirkan dimana yang cocok bagi PKL, yang jelas sudah ada tempatnya.

“Untuk sementara, kita disuruh menunggu, yang jelas pihak instansi terkait sudah merestui, dan wakil kami yang ada di sana sudah mendengar. Namun kami tetap akan mentaati peraturan sesuai prosedur,” ucap Cak Cung.

Ia menjelaskan, polemik rencana penertiban PKL Pasar Rogojampi ini, bermula saat para PKL menghadiri undangan terkait sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2014, di Kantor Camat Rogojampi, Kamis (31/10) lalu.

Dalam acara sosialisasi tersebut, antara PKL dengan pihak Kecamatan tidak menemukan titik temu, karena tidak ada keberpihakan dari keinginan PKL untuk mendapatkan tempat pengganti yang layak.

“Selanjutnya, pada Senin (04/11) pagi, kami mendatangi Kantor Camat Rogojampi, tujuannya bukan untuk demo, melainkan mau menemui Bu Camat,” cetusnya.

Namun, lanjut dia, setelah sampai di Kantor Kecamatan, ternyata Bu Camat sedang ada urusan menemui Sekretaris Daerah (Sekda) di Kantor Pemkab Banyuwangi.

“Akhirnya, pada sore harinya, setelah Bu Camat datang, kami diundang dan dari situlah PKL dan Bu Camat alhamdulillah ada komitmen,” imbuhnya.

Sambil menunggu kepastian pelaksanaan relokasi, Samsul menghimbau kepada para PKL agar tetap menjaga komitmen dan prosedural.

“Bagi teman-teman PKL, saya minta tetap komitmen dan tetap prosedural, kita PKL tidak liar, dan saya selaku wakil dari teman teman akan memperjuangkan sesuai aturan dan perundang undangan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara, Camat Rogojampi, Nanik Machrufi dikonfirmasi via pesan Whastapp terkait kepastian pelaksanaan relokasi PKL, hingga berita ini di tayangkan tetap bungkam dan tidak ada jawaban. Dihubungi melalui sambungan telepon juga tidak diangkat.

Begitu juga, Kepala Satpol PP Kabupaten Banyuwangi, Anacleto Da Silva saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya panggilan ditolak (reject), dan dikonformasi via pesan Whatsapp juga tidak ada jawaban.

Diberitakan sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi, Ali Ruchi menyampaikan, prinsip relokasi akan dimasukkan ke dalam pasar yang saat ini sedang dibangun.

“Untuk sementara direlokasi ke Terminal Rogojampi,” ujar Ali Ruchi, Selasa (05/11).

Namun, terkait pelaksanaan rencana penertiban PKL tersebut, Ali Ruchi menyarankan agar konfirmasi kepada Camat Rogojampi.(swr/nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here