Pemandangan kawah Ijen, Banyuwang. (istimewa)

BANYUWANGI – Setelah dua pekan ditutup akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), jalur pendakian Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen kembali dibuka, Kamis (07/11/2019).

Dibukanya kembali jalur pendakian TWA Kawah Ijen tersebut, menyusul adanya Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem BBKSDA Jawa Timur bernomor SE.1397//K2/BIDTEK.1/KSA/11/2019 tentang Pembukaan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

Komandan Kodim (Dandim) 0825 Banyuwangi yang juga sebagai Ketua Satgas Karhutla TWA Kawah Ijen, Letkol Inf. Yuli Eko Purwanto, membenarkan terkait dibukanya kembali jalur pendakian TWA Kawah Ijen tersebut.

Menurutnya, status tanggap darurat TWA Kawah Ijin telah selesai dan telah melalui proses normalisasi, Senin (04/11), sedangkan untuk jalur pendakian resmi dibuka, Kamis (07/11). “Tugas resmi kami selesai seiring tanggap darurat selesai berlaku,” kata Dandim, Jumat (8/11/2019).

Ia memperkirakan, ada kurang lebih seribu hektar luas hutan dan lahan di TWA Kawah Ijen yang mengalami kebakaran, khususnya di Gunung Ranti yang lokasinya bersebelahan dengan Gunung Ijen.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here