Foto : Danramil Manyar sedang memberikan paparan .(Ali)

GRESIK | Pahlawan bisa diartikan adalah seseorang yang berbuat tanpa pamrih , dilakukan secara ber ulang, ada manfaat dari hasil kerja bagi masyarakat sekitar, itulah definisi praktis dari pahlawan, ada pahlawan devisa, ada pahlawan rumah tangga, ada pahlawan kemerdekaan, demikian disampaikan oleh Danramil Manyar Kapten Arh Sali saat menjadi pembina upacara di SMK Nurul Islam , Rabu pagi (6/11).

” Pahlawan perintis kemerdekaan adalah orang orang yang berjuang melawan penjajah, sehingga negara kita merdeka, misalnya ada Pangeran Diponegoro, Sultan Ageng Tirtayasa, ada pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan ,yaitu orang orang yang mempertahankan kemerdekaan, misalnya Bung Tomo yang dengan semangat heroik membakar semangat arek Suroboyo sehingga pecah pertempuran 10.Nooember 1945,” papar Sali

Lebih lanjut dikatakan ada pahlawan devisa, yaitu tenaga kerja yang bekerja di luar negeri dan setiap kurun waktu tertentu mengirimkan uang dan barang bagi keluarganya, sehingga roda perekonomian berputar di kampung tersebut.

Juga ada pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu para guru yang dengan ihlas mendidik, melatih, menanamkan sikap pada murid muridnya, neskipun muridnya ada yang jadi bupati, menteri, presiden, guru yang mengajar anak SD ya tetap menjadi guru SD dengan bangga.

Sebanyak 210 siswa siswi dari SMK Nurul Islam di Jl Kh Syafii Desa Sukonulyo , Kecamatan Manyar mendapatkan pemahaman tentang pahlawan.
Setelah upacara dilanjutkan dengan materi baris berbaris ( PBB ) , dengan harapan para siswa tetap sigap dan sekaligus meneladani para pejuang. (ali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here