Para siswa menerima ceramah soal wawasan kebangsaan, dan bela negari, dari Kodim 0817/Gresik.

GRESIK — Generasi muda apalagi yang lahir sesudah masa refornasi, maka pengetahuan serta peri laku terkait wawasan kebangsaan apalagi terkait dengan bela negara masih rendah. Maka  pendidikan bela negara harus terus diberikan. Demikian sepintas sambutan Kasdim 0817/Gresik, Mayor Suwanto, saat membuka wawasan kebangsaan di aula Makodim Gresik, Selasa (5/11).

Lebih jauh, Kapten Hendrick, yang menjadi salah satu nara sumber membeberkan sejumlah kenyataan di masyarakat saat ini. Pertahanan dan keamanan negara saat ini yang paling kelihatan jelas adalah tantangan di dalam negeri, misalnya, saling menghujat antar kelompok, tidak percaya kepada negara NKRI dan ingin membentuk negara khilafah.

“Ketika suatu kelompok merasa lebih benar dari kelompok yang lain, bahkan menganggap kafir terhadap kelompok yang lain, kalau sampai terjadi perang saudara yang melibatkan dua kelompok ber seteru tadi. Maka kalau ada musuh dari luar, kekuatan dari dalam negeri melemah,” papar Hendrick.

Peserta dari wasbang ini berbagai siswa SMA utusan dari berbagai koramil, misalnya : SMK PGRI Gresik, SMAN Kebomas, SMA Al Azhar, Universitas Muhammadiyah Gresik, dan beberapa kelompok organisasi kepemudaan. ( ali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here