Satu mangkok kacang buncis mentah mengandung 31 kalori.
Satu mangkok kacang buncis mentah mengandung 31 kalori. Sumber terpercaya, hampir tidak mengandung lemak, dan hanya 3,6 gram gula. Itu berita fantastis jika Anda memperhatikan ukuran pinggang Anda. (pinterest)
 
 
SURABAYA – Kacang buncis,  adalah salah satu jenis sayuran yang banyak ditemui di sekitar kita. Biasanya para ibu, buncis dimasak untuk melengkapi sayur sop, bersama kubis, kentang, dan wortel. Ada pula yang meringkasnya berupa tumis buncis. Biasanya dimasak bersama wortel.
 
Jadi buncis apakah merebusnya, menumisnya, atau memakannya langsung dari kaleng, kacang buncis adalah tambahan gizi untuk mereka yang tengah menjalankan program diet.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kacang hijau.
 
Kacang Buncis Menyehatkan Jantung

Kacang buncis tidak mengandung kolesterol. Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol untuk pertumbuhan sel yang sehat, terlalu banyak bisa menimbulkan petaka bagi Anda. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan timbunan lemak di arteri Anda. Ini dapat mengurangi aliran darah ke jantung dan otak Anda dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Namun, satu cangkir kacang buncis mentah memiliki 2,7 g serat. Kacang buncis dimasak (direbus). Sumber terpercaya mengatakan buncis rebus memiliki 4,0 g serat, sebagian serat larut.
Kacang Buncis siap untuk diracik sebagai tambahan menu sayuran sehat di meja makan.(foto: pinterest)
 
Serat larut dapat membantu menurunkan LDL atau apa yang disebut kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. Ini juga dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 miligram (mg) sodium setiap hari untuk kesehatan jantung yang optimal. Kacang buncis  secara alami rendah sodium. Satu cangkir hanya memiliki 6,6 miligram (mg)  sodium.

Terlalu banyak natrium dalam diet Anda dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.
 
Namun waspadalah terhadap kacang buncis kalengan. Satu cangkir tidak mengandung mengandung 461 mg Sumber sodiumTrusted. Bilas kacang buncis kaleng sebelum dimakan, atau pilih varietas tanpa garam.

 Kacang buncis mengandung protein

Tubuh Anda membutuhkan protein untuk mempertahankan:

    tulang yang sehat
    rambut
    organ
    otot

Protein juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Protein nabati bukan protein lengkap; yaitu, mereka kekurangan setidaknya satu asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda.
 
Tetapi protein nabati masih bermanfaat. Mereka dapat dikombinasikan dengan protein lain sepanjang hari untuk membuat protein lengkap. Satu cangkir kacang buncis mentah mengandung hampir 2 g protein.

 Kacang buncis  adalah sumber vitamin dan mineral yang baik

Kacang buncis mengandung banyak vitamin esensial, termasuk asam folat. Satu cangkir kacang buncis  mentah mengandung 33 mikrogram (mcg) asam folat, hampir 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Asam Folat adalah vitamin B yang membantu mencegah cacat tabung saraf dan cacat lahir lainnya. Jadi buncis sangat membantu bagi para ibu yang sedang mengandung.
 

Vitamin C

Kacang buncis mentah juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Satu cangkir mengandung 12,2 mg, sekitar 25 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Itu juga integral untuk produksi kolagen dan membantu melindungi kulit Anda dari stres oksidatif.
 
Vitamin A

Satu cangkir kacang buncis mentah menyediakan 690 IU Vitamin A, sedikit kurang dari 15 persen dari nilai yang direkomendasikan setiap hari. Vitamin A bukan vitamin tunggal. Ini adalah sekelompok senyawa yang dikenal sebagai retinoid. Vitamin A penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, reproduksi, dan penglihatan mata yang sehat.

Vitamin lainnya

Beberapa vitamin lain dalam satu cangkir kacang buncis mentah termasuk:

    vitamin K: 43 mcg
    thiamin: 0,1 mg
    niacin: 0,7 mg
    vitamin B-6: 0,14 mg
    vitamin E: 0,41 mg

Mineral

Kacang buncis adalah sumber mineral yang baik, terutama mangan. Mineral esensial ini mendukung metabolisme Anda dan memiliki kemampuan antioksidan. Ini juga mendukung kesehatan tulang dan meningkatkan penyembuhan luka.

Mineral lain dalam satu cangkir kacang hijau mentah termasuk:

    kalsium: 37 mg
    zat besi: 1,03 mg
    magnesium: 25 mg
    fosfor: 38 mg
    kalium: 211 mg
    seng: 0,24 mg

Cara memilih dan menyimpan kacang buncis

Kacang buncis segar adalah pilihan paling sehat. Carilah kacang yang berwarna hijau cerah dan bebas dari flek dan noda hitam. Kacang tidak boleh tipis. Untuk manfaat nutrisi yang baik, makanlah kacang buncis segar sesegera mungkin setelah dipanen atau dibeli.

Memasak kacang buncis  dapat menyebabkan pengurangan beberapa nutrisi seperti vitamin C, seperti halnya mencairkan kacang buncis  beku. Akibatnya, jangan mencairkan kacang buncis beku dan memasaknya dalam sedikit air. Hal ini tidak disarankan. Kacang buncis segar harus disimpan dalam kantong plastik dan digunakan dalam waktu satu minggu.(*/disarikan dari healthline.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here