Foto : Anik Maslahak wakil ketua DPRD Jatim.( Rofik)

SURABAYA | Anik Maslachah Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi Wakil Ketua DPRD Jawa Timur untuk periode 2019-2024 menggantikan Abdul Halim Iskandar yang diangkat menjadi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) kabinet Indonssia Maju Presiden Jokowi – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Wakil Sekertaris DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi membenarkan turunnya surat Intruksi pergantian tersebut dari DPP.

“Ya benar Surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sudah turun. Selanjutnya, DPW akan bersurat ke DPRD untuk mekanisme penggantian,” katanya.

Kata pria yang juga Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim ini, pihaknya berharap pergantian ini tidak membutuhkan waktu lama.

“Kami berharap pekan ini sudah selesai. Kami dalam.minggu ini sudah memasukkan surat tersebut,” katanya.

Selain menunjuk Anik, rotasi juga dilakukan di struktur Fraksi. Posisi Ketua Fraksi yang sebelumnya dijabat oleh Anik, kedepan akan digantikan oleh Fauzan Fuadi. Sebelum menjadi Ketua fraksi, Fauzan sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Fraksi.

“Posisi ini hanya sebatas pembagian tugas. Sebagai kader, harus siap ketika ditunjuk di posisi manapun,” kata Fauzan menjelaskan.

Sebelumnya nama Anik diunggulkan di internal Fraksi PKB dalam rotasi jabatan. Anik menjadi salah satu nama kuat yang akan didapuk mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Jatim.

Apalagi, Anik juga berpengalaman menjabat di beberapa pos Alat Kelengakapan Dewan (AKD) DPRD Jatim. Sebelum menjadi Ketua Fraksi PKB di periode 2019-2024, Anik juga berpengalaman menjabat Ketua Komisi C DPRD Jatim di periode sebelumnya.

Ia juga menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak untuk DPRD Jatim dari dapil Jatim 2 (Sidoarjo) dengan perolehan 119.652 suara.

Sekedar diketahui, PKB berhak memiliki kursi Wakil Ketua DPRD Jatim. Sebab, berdasarkan perolehan pemilu 2019 lalu, partai yang dilahirkan Gus Dur ini berada di peringkat kedua peroleh kursi terbanyak dengan 25 kursi. Kursi Wakil ketua DPRD Jatim dari Fraksi PKB diisi oleh Halim Iskandar sebelum akhirnya dijadikan salah satu Menteri di Kabinet Jokowi – KH Ma’ruf Amin.( rofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here