Wabup, dan FKUB Gresik Ngangsu Kaweruh ke Kabupaten Pesawaran

Wakil Bupati Gresik beserta FKUB di terima Sekda Pesawaran

GRESIK | BIDIK.NEWS — Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gresik dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Gresik, melakukan kunjungan kerja ke FKUB Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Selasa (08/10). 

Dalam kunjungannya itu, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim dan rombongan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Desuma Dewangsa, Ketua FKUB Pesawaran Giarto serta sejumlah OPD terkait.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gresik mempunyai peran penting dalam menjaga soliditas antar umat beragama di Kabupaten Gresik.

Salah satu wujudnya adalah dengan hubungan baik dan kerjasama antar umat beragama yang sangat harmonis. Sehingga dapat menjaga kondusifitas situasi di Gresik.

”Hal ini juga didukung dengan kehadiran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang juga mempunyai kontribusi bagi pemerintah dan masyarakat,” katanya. 

Hadirnya FKDM bersama para tokoh masyarakat sebagai front liner terhadap deteksi dini bencana sosial lingkungan masyarakat, terutama mencegah dan menyelesaikan persoalan dengan pola penanganan yang komprehensif.

“Kami pemerintah Kabupaten Gresik bersama FKUB yang diketuai oleh KH. Afif Maksum serta FKDM ngangsuh kaweruh ke FKUB Kabupaten Pesawaran, Lampung,” ujar Wabup.

Ia melanjutkan, terpilihnya Kabupaten Pesawaran sebagai lokasi kunjungan adalah karena adanya kemiripan kondisi sosial lingkungan dengan Kabupaten Gresik.

“Masyarakatnya heterogen dan juga terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan etnis di sini. Maka harapannya, kita dapat saling sharing tentang bagaimana menjaga kerukunan umat beragama di daerah masing-masing,” kata Wabup Qosim

Ia berharap, melalui pertemuan antara FKUB Kabupaten Gresik dan Kabupaten Pesawaran, maka semakin memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat agar terjaga dari pengaruh luar yang dapat mengakibatkan terganggunya kerukunan di Kabupaten Gresik. “Disisi lain, hubungan baik melalui kunjungan kerja ini akan terus berlanjut dalam berbagai program, terutama yang berkaitan dengan kemaslahatan umat,” pungkasnya. (ali)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*