Larung Sesaji Jadi Event Istimewa Bagi Kabupaten Jember

FOTO : Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Jember.(Monas)

JEMBER|BIDIK NEWS – Pawai Gerebek Suro dan Larung sesaji yang digelar pada Sabtu pagi 14 September 2019 mulai dari alun-alun Puger hingga TPI Puger Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Jember menyaksikan arak – arakan rombongan Bupati beserta Forkopimda.

Dengan menaiki Dampat Kencana, Bupati yang di iringi para hulu balang dan senopati ini menelusuri rumah – rumah nelayan di sepanjang jalan menuju pesisir pantai lokasi pelepasan larung sesaji.

Sesampainya di bibir pantai yang kebetulan sedang surut ini, Bupati bersama Forkopimda jalan kaki menuju tepat di perahu besar yang membawa sesajen dan segala pernak perniknya untuk di bawak ke tengah laut untuk di lepas.

Disaksikan Bupati bersama Forkopimda dan seluruh masyarakat yang hadir,Larung sesaji 2019 telah berhasil lepas dari bibir pantai menuju destinasi yang di tentukan.

Dihadapan Awak Media Bupati menyampaikan ” ya ini merupakan suatu tradisi yang dilaksanakan setiap tahun,menariknya, tahun ini larung sesaji dilaksanakan secara bersama oleh dua Desa, yaitu Puger Kulon dan Puger Wetan,” tuturnya.

Ini fenomena yang baik dan kita dukung,kegiatan hari ini juga dalam rangka Muharrom yang dalam kalender Jawa Suroan, yang di mulai dengan semaan Al Qur’an dan Do’a bersama, dan di akhiri dengan larung sesaji untuk memohon perlindungan dari Allah SWT.

“Saya senang sekali karna masyarakat begitu antusias dan kegiatan ini diinisiasi sendiri oleh masyarakat,” pungkasnya.

Ada keinginan dari masyarakat setempat pada hari-hari tertentu untuk memakai pakaian adat,karna masyarakat disini masih sangat kental sekali ke Mataramanya.

“Kita sudah dorong inisiatif-inisiatif wilayah dan kita akan pilih untuk setiap tahunya 10 event terbaik se-Kabupaten Jember akan diresmikan sebagai event tahunan yang akan di support oleh APBD Kabupaten Jember dan tolak ukurnya adalah antusiasme masyarakat. (Monas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*