Sembilan Calon Kades  Kecamatan Junrejo Deklarasikan Pilkades Damai

FOTO : Proses penetapan jumlah DPT, calon Kepala Desa, dan pengundian nomor urut calon, sekaligus ikrar Pilkades damai di pendopo kantor Kecamatan Junrejo. (Doi)

BATU|BIDIK NEWS Sebanyak sembilan bakal calon dari tiga Desa se-Kecamatan Junrejo, hari ini Kamis (12/9/2019) pagi, ditetapkan sebagai calon Kepala Desa sekaligus penetapan daftar pemilih sementara (DPT), sekaligus pengundian nomor urut pemilihan. Bukan hanya itu, seluruh calon Kepala Desa pun mengucapkan ikrar untuk proses demokrasi damai.

Hadir pada acara tersebut Wakil Walikota Batu Punjul Santoso didampingi Kepala Bagian (Kabag Pemerintahan) Kota Batu Dyah Liestina. Dalam kesempatan tersebut, Punjul mengimbau kepada seluruh pihak agar tetap menjaga kondusifitas selama proses kampanye, bahkan setelah nantinya terpilihnya Kepala Desa.

“Perbedaan pilihan itu hal biasa, namun harus diimbangi dengan spirit persatuan. Jangan sampai pesta demokrasi ini dikotori dengan tindakan-tindakan yang berpotensi mengganggu keamanan sosial,” jelas Punjul dalam sambutannya.

Karenanya, setelah prosesi penetapan DPT, nomor urut calon dan pengukuhan dari status bakal calon menjadi calon, dilaksanakan pula deklarasi Pilkades damai. Uniknya, teks deklarasi tersebut dibacakan oleh dua siswa-siswi SDN Junrejo 2 Batu.

“Karena tadi sudah mendeklarasikan kampanye damai, saya tekankan kepada seluruh tim pendamping calon, terlebih kepada calon untuk mewaspadai adanya Botoh “penjudi pemilu”. Jangan sampai proses penentuan pemimpin ini dikotori dengan politik uang, gunakan hak pilih dengan penuh tanggungjawab,” imbuh politisi PDI-P tersebut.

Sebagai informasi, sembilan Calon Kepala Desa dua diantaranya terdapat calon incumbent. Sebut saja Desa Torongrejo, calon nomor tiga Sugeng Santoso kembali muncul dalam pencalonan dan akan saling berebut suara dengan calon nomor satu Kateni, calon nomor dua Suliono dan calon nomor empat Muhammad Yakni. Dengan total pemilih 4466 dari Dusun Klerek 1910 suara, Dusun Krajan 1914 suara dan Dusun Wukir 642 suara.

Pertarungan sengit dipastikan terjadi di Desa Junrejo. Pasalnya calon nomor satu Hadi Wignyo, harus melawan sang penyelamat aset Desa Junrejo, tidak lain ialah Kepala Desa sebelumnya, Andi Faisal Hasan. Sebanyak 7431 suara dari Dusun Junwatu 2248 suara, Dusun Jeding 3797 dan Dusun Rejoso 1386 suara akan diperebutkan oleh kedua calon.

Terakhir, Desa Beji secara keseluruhan memunculkan wajah baru dalam panggung Pilkades serentak kali ini. Dari total 5948 suara akumulasi dari Dusun Karangjambe 1669 suara, Dusun Jamberejo 2206 dan Dusun Krajan SAE 2037 suara, akan diperebutkan oleh calon nomor satu Dedi Irawan, calon nomor dua Deni Cahyono dan calon nomor tiga Iwan Riswantoro. (Doi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*