Kurir Sabu 30 Kg, Divonis Seumur Hidup

FOTO : Terdalwa Herman Sutjiono saat sidang .(Jak)

SURABAYA|BIDIK NEWS – Majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya, akhirnya menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap raja kurir sabu seberat 30 kg, Herman Sutjiono, saat sidang di ruang Garuda 2, dengan agenda pembacaan putusan. Selasa (10/09/2019).

Dalam amar putusannya, hakim sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pompy, dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara seumur hidup, atau sesui dengan pasal 114 ayat (2) Undang-undang RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Herman Sutjiono dengan pidana penjara selama seumur hidup,” ucap Ketua Majelia Hakim Dede Suryaman, seperti dikutip BIDIK.NEWS.

Adapun pertimbangan hakim dalam perkara ini yaitu hal yang memberatkan karena terdakwa tidak mendukung program pemerintah terkait penegakkan hukum pemberantasan narkoba, sedangkan hal yang meringankan disebutkan “NIHIL”.

Menyikapi putusan tersebut, pihak JPU menyatakan menerima putusan hakim. Sedangkan terdakwa menyatakan pikir-pikir, setelah dipersilahkan berunding dengan penasihat hukumnya, Viktor.

“Pikir-pikir, pak hakim,” ujar terdakwa Herman.

Viktor, penasihat hukum terdakwa saat ditemui mengatakan, bahwa dirinya akan melakukan upaya hukum lain yakni banding.

“Saya akan banding,” tukas Viktor.

Untuk diketahui, kejadian yang menimpa terdakwa Herman Sutjiono ini, berawal ketika terdakwa bertemu dengan Bobby, Lusy dan Saripul Dongoran (ketiganya DPO) di sebuah rumah karaoke.

Oleh Bobby, terdakwa di beri pekerjaan untuk menerima pengiriman sabu. Barang haram tersebut dikirim dengan menyamarkannya bersama barang berupa lampu downlight.

Setelah mendapat informasi dari masyarakat, petugas kepolisian dari Bareskrim Polri melakukan penangkapan terdakwa. Saat di interogasi, terdakwa mengakui bahwa narkotika jenis sabu tersebut milik Bobby. (J4k)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*