Arumi Buka Rakernas IWAPI ke-29 dan IWAPI EXPO

FOTO : (Ki-ka) Ketua Umum DPD IWAPI Jatim Hj Susmiati Rahmawati, Arumi Emil Elestianto Dardak, Ir. Nita Yudi, MBA., WKU DPD IWAPI Jatim Reny Widya Lestari (paling kanan) saat pembukaan Rakernas IWAPI ke-29 dan IWAPI EXPO di Hotel Mercure, Surabaya. (Ist)

SURABAYA|BIDIK NEWS – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim, Arumi Emil Elestianto Dardak menyebut, perempuan di era modern saat ini sangat berperan besar dalam menggerakkan roda perekonomian. Apalagi peran mereka memiliki andil yang cukup besar dalam eksistensi perekonomian bangsa.

“Perempuanlah yang sebetulnya memegang roda perekonomian. Jika bapak-bapak yang bekerja di kantor, namun yang menggerakkan roda perekonomian itu adalah ibu-ibu,” ujar Arumi Emil Elestianto Dardak saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-29 dan IWAPI EXPO di Hotel Mercure, Surabaya, Senin (9/9/2019) sore.

Arumi yang didampingi Ir. Nita Yudi, MBA., Ketua Umum IWAPI mengaku bangga kepada anggota IWAPI yang datang dari seluruh Indonesia atas kerja keras, semangat dan eksistensinya di masyarakat di sektor perekonomian. IWAPI yang berusia 44 tahun, menurut Arumi, memiliki eksistensi yang bisa diandalkan di masyarakat.

“Melalui IWAPI EXPO, dimana ibu-ibu yang penuh kegigihan datang dari seluruh Indonesia, bahkan ada yang melakukan perjalanan sampai 4 hari. Kalau bisa saya sebut dengan The Power of Emak-Emak,” tutur Arumi di hadapan puluhan Ketua DPD IWAPI dari seluruh Indonesia.

Kerjasama IWAPI dan Dekranasda Jatim, khususnya dalam hal pemasaran akan sangat bermanfaat bagi masing-masing anggotanya. Jika di Dekranasda sendiri telah dilakukan pelatihan dan pembinaan, maka dengan kehadiran IWAPI bisa menjadi angin segar untuk saling berbagi pengalaman marketing di pasar yang lebih luas.

“Panjengengan semua yang sudah berpengalaman, turun langsung ke lapangan, memahami trend, memahami pasar yang disitu kami tidak punya,” ujarnya.

Di sisi lain, Dekranasda yang merupakan bagian dari pemerintah, menurut Arumi memiliki nilai lebih dalam hal perijinan dan update informasi tentang wilayah-wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan. Jika kedua kelebihan tersebut dapat dipadukan, diharapkan nantinya dapat bersinergi langsung terhadap peningkatann sumber daya manusia (SDM), khususnya di wilayah Jatim.

Sementara itu, IWAPI EXPO 2019 diikuti puluhan stand dari 33 DPD IWAPI seluruh Indonesia dan 2 stand perwakilan dari Disperindag Jatim serta Dinkop Jatim. Tidak ingin melewatkan berbagai macam produk yang dipamerkan, Ketua Dekranasda Jatim pun turut meninjau dan mengapresiasi langsung masing-masing stand karya anak bangsa. (*/hari)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*