Hapelnas 2019, RSUD Dr Soetomo Apresiasi Pasien Penderita Hemodialisis 

FOTO : Direktur RSUD Dr Soetomo, Dr. dr. Joni Wahyuhadi, Sp.BS (K) saat mengapresiasi dan memotivasi kepada pasien penderita Hemodialisis saat momen Hari Pelanggan Nasional 2019. (Ist)

SURABAYA | BIDIK NEWS – Memperingati Hari Pelanggan Nasional (Hapelnas) 2019, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo menggelar Customer Gathering kepada pasien penderita hemodialisis atau gagal ginjal.

Direktur RSUD Dr Soetomo, Dr. dr. Joni Wahyuhadi, Sp.BS (K) mengatakan, tugas utama rumah sakit adalah melayani, sedangkan yang dilayani adalah pasien-pasien. Dan dalam akreditasi disebutkan, RS bertanggung jawab memberikan layanan terbaik kepada pasien, keluarga pasien dan masyarakat.

“Layanan yang terbaik itu adalah yang aman, bermutu tinggi dan yang terpenting terjangkau bagi si pasien,” ujar Joni Wahyuhadi didampingi dr. Pranawa, Spesialis penyakit dalam dan konsultan ginjal, Rabu (4/9/2019).

Agar biaya RS dapat terjangkau oleh si pasien, kata Joni, Pemerintah sudah membuat progam JKN walaupun ada masalah di BPJS Kesehatan. Tetapi RSUD Dr Soetomo mendapat apreasi dari BPJS Kesehatan sebagai RS teladan dalam pelayanan kepada pasien peserta BPJS Kesehatan.

“Artinya, kita sebagai rumah sakit yang sangat profesional dalam memberikan layanan prima kepada semua pasien peserta BPJS Kesehatan,” paparnya.

Di RSUD Dr Soetomo, lanjutnya, tidak pernah ada penolakan pasien dan berapapun biaya yang dikeluarkan oleh rumah sakit ini untuk merawat pasien BPJS Kesehatan, walaupun kadang biayanya lebih kecil. “Tapi kita tetap merawatnya sampai sembuh, tidak ada pasien yang belum sembuh di pulangkan paksa, hal ini tidak ada,” ungkapnya tegas.

Ia mencontohkan, seperti operasi bayi kembar siam yang menghabiskan biaya hingga ratusan juta tetap dilayani. Transplantasi ginjal juga dijalankan, bahkan pasang ring jantung, dan termasuk kanker juga ditangani RSUD Dr Soetomo.

Yang menjadi subyek di RSUD Dr Soetomo ini adalah pasien, jadi pasien sekarang bukan obyek, tapi subyek. Karena itu di hari pelanggan nasional ini, RSUD Dr Soetomo memberikan apresiasi kepada pasien.

“Kalau RSUD Dr Soetomo tidak ada subyek atau pasien, pasti sudah tutup sejak dulu. Karena itu, kami sangat mengapreasi kepada subyek atau pasien, karena pasien dinilai sangat penting bagi rumah sakit,” ujarnya.

Sementar itu, Iin, salah satu keluarga pasien mengaku sangat mengapresiasi upaya RSUD Dr Soetomo dalam menghibur pasien melalui kegiatan customer gathering di Hapelnas 2019 ini. 

“Kegiatan semacam ini menurut kami sangat berkesan dan luar biasa. Karena bisa memberikan motivasi dan dorongan kepada si pasien untuk semangat sembuh dari penyakit yang dideritanya,” ungkap wanita yang mengaku ibunya menderita gagal ginjal sehingga harus rutin cuci darah. (hari)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*