Menyaru Sebagai Perwira Polisi, Dua Penipu diringkus Polda Jatim

Polisi menunjukan barang bukti milik kedus tersangka yang mengaku sebagai perwira polisi untuk melakukan penipuan

SURABAYA | BIDIK NEWS – Dua orang menyaru sebagai anggota polisi bernama Stefanus (41) warga Jakarta dan Hari Irawan (28) warga Purwakarta diringkus Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim.

“Dua tersangka ini mengaku sebagai anggota polisi untuk menipu korbanya,” Ujar AKP Harianto Rantesalu di Balai Wartawan Polda Jatim, Kamis (15/8/2019).

Mantan Kapolsek Bubutan itu menjelaskan, modus operandi yang dilakukan tersangka Stefanus dan Hari Irawan dengan menawarkan tembaga dalam jumlah banyak senilai Rp 285 juta. Tawaran itu disampaikan melalui pesan aplikasi Whatsapp.

“Pelaku menghubungi pengusaha (korban) melalui whatsapp dengan menyaru sebagai Wadirreskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara,” Ujarnya.

Karena mengira tawaran tersebut datang langsung dari perwira polisi, calon korban, Rianto, pengusaha asal Gresik pun akhirnya menerima dan sepakat membeli barang yang ditawarkan pelaku.

“Dan setelah disepakati harga itu, pelaku menyuruh korban untuk mentransfer awal, DP atau uang muka sebesar Rp 47 juta,” Terang Perwira berpangkat balok tiga dipundaknya itu.


Lanjut Harianto, setelah korban dua kali mentransfer barang yang di janjikan tak kunjung datang kemudian mencoba menghubungi nomor yang dipakai berkomunikasi sebelumnya juga tak bisa tersambung. “Merasa ditipu akhirnya korban melaporkan ke pihak kepolisian dan menceritakan peristiwa yang dialaminya,” Katanya.


Petugas pun akhirnya bergerak untuk menangkap pelaku dan pelaku diringkus di Jakarta beserta barang bukti berupa uang tunai satu juta rupiah, beberapa rekening koran milik tersangka dan sejumlah handphone.

Kedua pelaku kini telah dijebloskan kedalam penjara Polda Jatim, mereka akan dijerat Pasal 28 ayat (1) Jo Pasal 45A ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 atas Perubahan tentang UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara. (Riz)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*