Dua Anggota LSM , Akhirnya Ditetapkan Sebagai Tersangka.

FOTO : Polres Gresik saat melakukan gelar perkara.(Rohim)

GRESIK|BIDIK NEWS – Setelah terjaring OTT karena melakukan pemerasan kepada pejabat, akhirnya polisi resmi menetapkan tersangka kepada dua anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LIPAN, Jhonson Pargaulan alias Gaul warga Perum Sidokare Indah Blok R, Kelurahan Sidokare, dan Micel Panjaitan asal Perum Mutiara Citra Graha I-5, Kelurahan Bligo, Candi, Sidoarjo. Keduanya ditahan oleh Polres Gresik.

Keduannya telah melakukan pemerasan terhadap Sukardi, Kepala Bagian (Kabag) Umum Pemkab Gresik dengan cara meminta uang damai sebesar Rp 50 juta. Uang tersebut diminta oleh tersangka terkait adanya temuan pengadaan belanja pemeliharaan Rumdin Bupati Gresik.

“Ada nada ancaman, jika tidak diberikan dengan nominal tersebut, mereka mengancam akan melaporkan temuannya ke Kajati Jatim,” tegas Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Selasa (13/08).

Masih menurut Kapolres, kedua tersangka mengaku kalau baru kali ini melakukan pemerasan, “Tersangka kami jerat dengan pasal 368 KUHP dan pasal 378 KUHP ancaman hukuman 13 tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kasus ini bermula ketika LSM LIPAN mengirimkan surat permintaan klarifikasi kegiatan tahun 2018 kepada Kepala Bagian Umum Setda Gresik. Kemudian surat itu ditundak lanjuti dengan cara menghubungi tersangka melalui telephon.

Dari hasil percakapan, tersangka meminta bertemu dengan pihak dari bagian umum di rumah makan Agis Jambangan Surabaya. Akan tetapi pertemuan itu tidak membuahkan hasil. Pasalnya ketika tersangka diberikan klarifikasi tentang temuannya tidak di hiraukan, “tersangka minta ketemu langsung dengan kepala bagian umum prmda Gresik, Sukardi, ” tegas Kapolres.

Percakapan terus berlanjut melalui telephon seluler dan meminta agar korban menyiapkan uang Rp. 50 juta. “Oleh korban hanya diberikan uang Rp 5 juta. Setelah itu kami beserta kejaksaan Gresik melakukan penangkapan,” terangnya.

Dari OTT tersebut, Polres Gresik berhasil mengamankan barang bukti berupa Id Card LSM GEMA milik tersangka Jhonson dan Id Card LSM LIPAN milik Panjaitan. Surat permohonan klarifikasi kepada Bagian Umum, surat jawaban klarifikasi dari Bagian Umum, Berita acara penerimaan surat jawaban klarifikasi, uang tunai Rp 5 juta, satu handphone merk I Phone, satu handphone Samsung, satu Handphone Nokia dan satu Handphone merk Prince. (him)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*