BPJS Ketenagakerjaan Jatim Kampanyekan Besek Bambu Untuk Daging Kurban 

Employee Voluntering' DIET KANTONG PLASTIK 

STOP KANTONG PLASTIK : Seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim mengkampanyekan penggunaan besek bambu sebagai tempat/wadah daging kurban di Hari Raya Idhul Adha 1440 H tahun 2019. (Foto : hari)

SIDOARJO | BIDIK NEWS – Ada yang unik saat pembagian daging kurban di kantor BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim di kawasan Raya Juanda, Sidoarjo, Senin (12/8/2019).

Pasalnya, bukan kantong plastik/tas kresek yang biasa digunakan sebagai wadah atau tempat untuk membungkus daging kurban. Melainkan besek yang terbuat dari bambu atau yang biasa digunakan untuk membungkus tape, jajanan khas Jember 

Ide tersebut yang di tuangkan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim lewat momen Hari Raya Idhul Adha 1440 H melalui kegiatan ‘Employee Voluntering’ dengan mengusung tema ‘Diet Kantong Plastik’. 

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jatim, Dodo Suharto mengatakan, momen Hari Raya Idul Adha tahun ini ada yang berbeda. Dimana Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Jatim menggelar pembagian daging kurban dengan menggunakan besek bambu, daun pisang dan tali rami, bukan kantong plastik.

“Besek adalah anyaman dari bambu sebagai tempat yang cukup higienis dan tidak mengandung bahan kimia. Besek juga memiliki celah udara. Sehingga membuat daging kurban tidak mudah bau, besek juga tidak memakai pewarna,” kata Dodo.

Dijelaskan Dodo, Indonesia saat ini menempati posisi ke-2 teratas dalam daftar negara penghasil sampah plastik didunia. Plastik adalah msalah serius yang mengancam keselamatan bumi. “Karena dimasa mendatang, anak cucu kita tetap hidup dibumi yang bersih dan bebas dari sampah plastik,” pesannya. 

Penggunaan besek bambu, daun pisang dan tali rami dalam kegiatan pembagian daging kurban ini, dikatakan Dodo, merupakan kegiatan Employee Voluntering. Dimana seluruh pembiayaan berasal dari karyawan Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Jatim.

“Mengusung slogan ‘DIET KANTONG PLASTIK’, dengan menjadikan besek sebagai tempat/wadah daging kurban, merupakan upaya kampanye dan bentuk konkrit demi menyelamatkan bumi dari sampah plastik”  #Save the Earth,” pungkasnya. (hari)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*