Peserta lomba mewarnai dalam Rangka Hari Pajak 2019 di GOR Sidoarjo. (foto zainul)

 

 

SIDOARJO|BIDIK NEWS-Berbagai upaya dilakukan untuk mengejar target yang mencapai Rp 23,5 triliun di tahun 2019 dari wajib pajak (WP). Namun hingga periode pertengahan tahun 2019 perolehan target pajak di Kanwil DJP Jatim II baru mencapai sekitar 39 persen atau masih sekitar memperoleh Rp 9,5 triliun.

Kepala Kanwil DJP Jatim II, Lusiana saat dikonfirmasi mengatakan, upaya yang dilakukan adalah salah satunya terus meningkatkan kepatuhan para Wajib Pajak (WP). Baik itu melaporkan melalui e filling maupun kepatuhan dalam membayar pajak.

Kami terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama kepada WP untuk selalu patuh, baik dalam pelaporan maupun dalam pembayaran pajak, terutama pada Hari Pajak tanggal 14 2019 ini. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, ujar Lusiana saat menghadiri acara Car Free Day (CFD) dan lomba mewarnai dalam rangka Hari Pajak, pada Minggu (14/7) di GOR Sidoarjo.

Selain itu, untuk menenuhi target ini Kanwil DJP Jatim II juga mulai melaksanakan reformasi perpajakan. Di antaranya reformasi birokrasi, reformasi Sumber Daya Manusia (SDM) serta reformasi peraturan dan perkembangan Teknologi Informasi (IT). Kami selalu berbenah dan berusaha untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Melalui peringatan Hari Pajak ini kami juga ingin adanya perubahan ke arah yang semakin lebih baik, paparnya.

Namun Lusiana optimis target perolehan pajak Rp 23,5 triliun 2019 bisa terpenuhi jika dilakukan dengan kerja keras meski pun masih ada kendala terkait perekonomin global yang melanda di seluruh negara di dunia.

Namun saya berharap bantuan insan pers yang selalu memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya mermbayar pajak sehingga bisa mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak, tandas Lusi.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Pajak 2019 sekaligus sosialisasi terhadap pelayanan pajak antara lain lomba mewarani, car free day (CFD), senam bareng, pemeriksaan kesehatan gratis, bazaar UMKM binaan, serta dilanjutkan dengan acara Pajak Bertilawah, yakni bagi karyawan muslim yang harus menuntaskan khataman Al Quran 30 juz di masjid Sholahudin kantor Kanwil DJP Jatim II Raya Juanda Sidoarjo, (zainul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here