Polisi menunjukkan barang bukti yang disita dari komplotan bandit curanmor yang ditembak mati tim Resmob Polrestabes Surabaya.

SURABAYA | BIDIKNEWS — Ternyata tiga bandit yang ditembak mati, sudah belasan kali beraksi dan dikenal licin dan sadis. Mereka saat beraksi tidak segan – segan untuk melukai korbannya dengan pisau penghabisan dan celurit yang selalu dibawanya.

Tiga bandit yang tewas diberondong peluru tersebut diketahui bernama Susanto Efendi (37), Sofyan (27) dan Idris Efendi (24). Ketiganya merupakan warga asal Kelurahan Kaligi Agah, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember. Selain mempersenjatai diri dengan senjata tajam (sajam), komplotan ini saat beraksi juga menggunakan mobil rental.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran mengatakan, dari catatan sementara, setidaknya ada 11 motor yang berhasil dicuri komplotan Sofyan Cs.

“Kelompok begal sadis ini dipimpin oleh Sofyan Cs. Dikenal sadis dan licin ketika beraksi,” Ujar Sudamiran di Mapolrestabes Surabaya, Senin (15/7).

Lanjut Sudamiran, catatan laporan dari masyarakat kami kumpulkan, berikut datanya ?

Pada bulan Juli 2019 saja, komplotan ini sudah beraksi lima kali, yaitu pada 13 Juli, mencuri motor Rafli, Ainun serta Ari Juna. Pada 8 Juli mencuri motor milik Juwinarto dan pada 6 Juli mencuri motor milik Siswanuri.

Kemudian pada 18 Juni 2019, komplotan ini mencuri motor di Jalan Kejawan Putih Tambak 2, No 37, 19 Juni 2019 di Jalan Kejawan Putih Tambak II/30, 26 April 2019 di Jalan Menur, 30 April 2019 di Jalan Dharmawangsa, 11 April 2019 di Jalan Mojo Kidul 4/24 serta pada 29 April 2019, mencuri motor di Jalan Jojoran 3/96, Surabaya.

Barang bukti yang berhasil disita diantaranya Mobil rental itu adalah Toyota Calya warna silver bernopol N 1034 RV serta menyita empat senjata tajam jenis celurit dan pisau penghabisan yang selalu dipakai para tersangka saat beraksi. Kemudian satu motor Honda Vario warna putih L 2168 IB hasil curian di Jalan Jojoran 1 No 35, Surabaya serta motor Yamaha Lexi warna merah bernopol M 5608 GQ.

Sementara barang bukti lain yang disita dari mobil rental yang disewa para pelaku diantaranya 1 set kunci T, 10 mata kunci runcing, 1 kunci leter L, 1 kunci pembuka magnet, 2 kunci tang, 1 obeng, 1 pisau cutter, 2 buah helm, 1 tas warna hitam merk Alto, dan 1 gunting besar potong besi.


Diketahui pelaku tiga bandit ini sebelum diberondong peluru petugas, mereka beraksi di kawasan perumahan elit, Jalan Dharmahusada Indah, Surabaya.

“Ketika disergap, mereka melawan petugas dengan menggunakan senjata tajam jenis penghabisan dan celurit, dinilai membahayakan terpaksa kami lakukan tindakan tegas teruku (tembak mati),” Pungkas Perwira Polisi berpangkat melati dua dipundaknya itu. (Riz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here