Petugas saat membakar barang bukti (BB)

BANYUWANGI | BIDIK NEWS – Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi melakukan pemusnahan puluhan ribu Barang Bukti (BB) narkoba dan miras.

Barang haram itu merupakan hasil sitaan sebagai bukti kasus yang terjadi sepanjang tahun 2016 hingga Maret 2018. Pemusnahan barang bukti tersebut, dilakukan di halaman belakang kantor Kejari Banyuwangi, Kamis (11/07).

BB yang dimusnahkan tersebut diantaranya, narkotika jenis sabu seberat 331,1626 gram, ganja 31,7623 kg, ekstasi 59 butir, 2 pucuk senjata api rakitan, 11 lembar uang palsu (Upal), 1358 botol miras, dan ratusan pack barang haram lainnya. Seluruh BB tersebut dimusnahkan dengan dibakar dalam tong, khusus minuman keras jenis arak yang dikemas dalam ribuan jerigen dan botol, dimusnahkan dengan dibuang kedalam lubang galian tanah.

Kepala Kejari Banyuwangi, Andonis SH, melalui Kasi Pengelolaan Barang Bukti, Muhlis Rahman, SH. selaku Ketua Panitia Pemusnahan Barang Bukti menyampaikan, barang bukti yang dimusnahkan berdasarkan putusan Pengadilan Negeri diantaranya narkotika, miras, dan ratusan lembar uang palsu.

“Hari ini kita memusnahkan barang bukti dari kasus yang ditangani mulai dari tahun 2016-2018 yang berupa barkotika, uang palsu, senjata rakitan dan miras,” ungkap Muhlis.

Menurut pria yang baru menduduki jabatan Kasi Pengelolaan Barang Bukti ini, agenda pemusnahan BB ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 59, dan berdasarkan Surat Perintah (SP) Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi nomor 123/EUH.3/M.5.21/07/2019.

“Pemusnahan BB itu adalah dari perkara tindak pidana umum yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht),” jelasnya.(swr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here