Festival Dalang Bocah se Jatim yang dibuka Bupati Ponorogo Ipong Muchilsoni dengan ditandai penyerahan gunungan kepada peserta lomba. (Ist)

PONOROGO | BIDIK NEWS – Penyaluran bakat memang harus di pupuk sejak dini agar kedepan dapat menjadi penerus untuk melestarikan budaya. Seperti yang di lakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur yang saat ini menggelar ‘Festival Dalang Bocah’ di Kab. Ponorogo selama 3 hari, yakni mulai Sabtu-Senin (6-8/7/2019).

Festival Dalang Bocah se Jatim yang pelaksanaannya bertempat di gedung Kesenian Kab. Ponorogo ini diikuti sebanyak 21 peserta.

“Kebudayaan kesenian wayang kulit ini harus kita jaga dan lestarikan. Melalui Festival Dalang Bocah ini diharapkan memunculkan generasi milenial yang suka dan peduli terhadap kesenian wayang dan bisa menelurkan dalang cilik,” ungkap Kadisbudpar Jatim, Sinarto.

Ditambahkan Sinarto, Festival Dalang Bocah  di Jatim ini sudah terselenggara lebih dari 20 tahun. Ada pun Kab. Ponorogo sudah menggelar acara yang sama dalam 5 tahun terakhir. 

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Ipong Muchilsoni berharap, selain di pagelaran lomba di Paseban Ponorogo. pagelaran wayang kulit juga akan digelar di desa-desa di Kab. Ponorogo tiap harinya. 

“Ini wujud mengenalkan seni budaya sejak dini dan lebih mencintai seni budaya yang berasal dari Indonesia, salah satunya wayang kulit,” ujar Ipong yang menyebutkan, bahwa Festival Dalang Bocah tingkat Jatim ini sudah masuk kalender kunjungan wisata 2019 di Kab. Ponorogo. (hari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here