Inilah Komitmen Indosat Ooredoo Wujudkan Smart City

(ki-ka) : Soejanto Prasetya Head of Region East Java Bali Nusra, Arief Musta'in Director, Chief Innovation & Regulatory, Turina Farouk Group Head Corporate Communication dan Budiharto saat Kumpul Media di kantor Indosat Ooredoo, Kayun Surabaya. (Foto : hari)

SURABAYA | BIDIK NEWS – Indosat Ooredoo Business berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Smart City di Indonesia. Hal ini guna mewujudkan manajemen perkotaan yang lebih maju dengan sistem yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan. 

Group Head ICT Product & Solution Indosat Ooredoo, Budiharto menjelaskan, Smart City merupakan inisiatif penting dari Pemerintah di era revolusi industri 4.0. 

“Konsep solusi Smart City Indosat Ooredoo dirancang untuk mencapai outcome yang diharapkan bermanfaat bagi pemerintah di perkotaan, komunitas bisnis untuk menciptakan tata kelola pemerintahan dan transparansi, layanan publik yang baik, pertumbuhan ekonomi dan efisiensi biaya,” ungkapnya, Rabu (15/5/2019).

Diungkapkan Budiharto, tingkat urbanisasi di Indonesia yang tinggi mencapai lebih dari 56% penduduk akan tinggal di perkotaan menyebabkan kompleksitas permasalahan kota berkembang sangat cepat. Maka diperlukan solusi baru yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan kota. Yaitu solusi yang dapat memberikan kapasitas yang lebih besar dari pada kebutuhan. 

“Yaitu TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau ICT, merupakan teknologi yang memiliki potensi inovatif yang tinggi untuk menyelesaikan berbagai tantangan perkotaan,” ujarnya.

Indosat Ooredoo, lanjutnya, membangun arsitektur Smart City mulai dari pondasi dasar berupa jaringan atau infrasruktur telekomunikasi, layanan TIK (data center dan manage services), komputasi awan dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya secara terintegrasi dan berkesinambungan. 

“Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang sudah mengimplementasikan Smart City. Antara lain Pemkab. Bangkalan, Blitar, Gresik Malang, Nganjuk, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Pemkot Batu, Probolinggo dan Surabaya yang terbantu dengan solusi connectivity, internet. command center dan aplikasi yang terintegrasi untuk menunjang implementasi Smart City,” tegasnya.

Indosat Ooredoo Business juga berpartisipasi pada Pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City tahap III 2019 di Jakarta. Indosat Ooredoo Business berperan aktif sejak awal diluncurkannya gerakan yang diprakarsai Kemenkominfo Rl ini. 

Dimana salah satu isi programnya adalah pendampingan untuk implementasi Smart City berbasis ICT. Peran Indosat Ooredoo sebagai technology advisor dalam BIMTEK yang diadakan pada kota/kabupaten yang terseleksi oleh Kemenkominfo Rl. (hari)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*