Gila ! HargaBawang Putih di Banyuwangi Rp76.000/Kg

BANYUWANGI |BIDIKNEWS- Entah faktor apa , Kini harga bawang putih di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur semakin menggila . Hal ini terjadi sejak beberapa hari menjelang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, terus melonjak , bahkan sampai mencapai Rp76.000/ Kg . Padahal harga sebelumnya sekitar Rp60.000 / Kg .

Salah seorang pedagang di Pasar Blambangan Kabupaten Banyuwangi, Kholik mengatakan bahwa harga bawang putih merangkak naik sejak beberapa hari terakhir.

“Barangnya (bawang putih) tidak ada, ini kan sisa sebelumnya, kemarin saya jual Rp58.000 langsung habis dibeli oleh warga, dan saya kulakan lagi sudah dapat harga di atas Rp70.000 per kilogram,” katanya di Banyuwangi, Minggu.

Informasi yang dari rekan-rekannya kenaikan harga bawang putih disebabkan karena tak ada pasokan bawang putih.

Sedangkan bawang putih yang didapatnya dan dijual di lapak pedagang ini, dari pedagang besar merupakan sisa stok kulakan sebelumnya.

“Bawang putih pada Ramadhan tahun lalu0 harganya lebih murah, daripada jelang bulan Puasa tahun ini, mungkin faktor cuaca juga hingga menyebabkan pasokan bawang putih berkurang,” katanya.

Ditambakan , belum adanya pasokan bawang putih karena banyak kendala dan sehingga pengiriman bawang putih tertunda.

“Katanya, saat di jalan ada banyak masalah. Tapi katanya bakal dikirim hari ini,  namun belum pasti juga,” tuturnya. ( Sumber : Antara)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*