BIDIK NEWS | SURABAYA – Pasar mobil low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia terus tumbuh. Sejak 2004, mobil jenis ini diperkenalkan hingga saat ini market share’nya naik signifikan.

Di mana pada 2004, market share sebesar 14 persen dan pada 2018 mencapai 27 persen dari total penjualan mobil sepanjang 2018.
Untuk itulah, PT Astra Daihatsu Motor tetap fokus untuk memperkenalkan mobil jenis ini. 

“Low MPV yang kita punya Xenia. Dan kita terus memperkenalkan varian-varian baru Xenia dengan keunggulan-keunggulan bisa memberikan keuntungan bagi konsumen,” ujar Michael Hendro, Brand Head Astra Daihatsu Surabaya di sela launching Grand New Xenia di Surabaya, Jumat (18/1).

Xenia bagi Daihatsu memang harus terus dipertahankan. Walau tidak lagi menjadi  tulang punggung penjualan Daihatsu, namun Xenia sudah memiliki pangsa pasar tersendiri.

Sedangkan Anton Rusli, Chief Operation Officer Astra Daihatsu mengatakan, Xenia sudah menjadi bagian dari Daihatsu.Walau tahun lalu penjualan Xenia mengalami penurunan, tapi Daihatsu tetap akan menjadikan Xenia sebagai varian yang memberikan kontribusi besar.

“Tahun lalu karena ada merek baru yang masuk, kita akui penjualan Xenia mengalami penurunan. Semua merek mengalami hal yang sama,” tandasnya.

Tapi penurunan itu tidak terlalu banyak. Jika sebelumnya Xenia masih mampu menjual 2.700 unit per bulan, pada 2018 turun menjadi 2.500 unit per bulan.

Dengan diluncurkannya Grand New Xenia ini, diharapkan bisa menaikkan kembali pasar Xenia. “Kami harapkan produk baru ini bisa menjual 3 ribu unit per bulannya di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Sementara Regional Head Astra Daihatsu Jatim, Budhy Lau menambahkan, dengan produk baru dari Xenia ini, diharapkan bisa menaikkan market share Xenia. “Kita target market share tahun ini Xenia bisa tembus di angka 22 persen dari total penjualan Daihatsu,” jelasnya.

Diakui Budhy, penjualan Xenia tahun lalu mengalami penurunan. Di Jatim pada 2018 market share Xenia turun menjadi 20 persen dari 21,5 persen di 2017. “Dengan keunggulan yang dimiliki Xenia baru ini, kami yakin target itu bisa dicapai,” tukasnya.

Apalagi kata Budhy, infrastruktur di Jatim yang sudah mendekati sempurna, diprediksi juga akan meningkatkan penjualan mobil termasuk Xenia. “Karenanya, kita akan genjot penjualan Xenia ini,” tandasnya.

Hingga saat ini penjualan Daihatsu di Jatim hampir sama dengan nasional. Penjualan masih dikuasai Daihatsu Sigra, disusul pick up kemudian Xenia.

Inilah Tampilan Spesifikasi di Grand New Xenia

Pada sisi eksterior, Grand New Xenia tampil lebih stylish dengan desain baru pada sisi bumper depan, belakang, serta alloy wheel, memberikan tampilan yang lebih dinamis. Desain baru lampu depan (headlamp) dan belakang, serta penggunaan LED Headlamp, membuat tampilan menjadi modem, pencahayaan lebih terang, fokus, namun tetap hemat daya.

Sedangkan pada sisi interior, Grand New Xenia juga memberikan suasana kabin berbeda, yakni new 2 tone colors, desain Center Cluster dengan sentuhan black piano, dipadukan teknologi kekinian digital AC memberikan kesan mewah dan kemudahan bagi penggunanya. Pada sisi audio, Grand New Xenia menawarkan Z-DIN touchscreen audio di semua varian. Pada beberapa varian, audio sudah didukung oleh teknologi konektivitas yang dapat menghubungkan audio dengan smartphone.

Dengan disematkannya tombol pengaturan audio pada posisi stir kemudi, power outlet pada baris pertama dan kedua, audio speakers di 6 titik, semakin memberikan kenyamanan dan keasyikan saat digunakan berkendara. Dengan adanya shark fin antena, selain Iebih styiish, juga menghasilkan kualitas suara yang jernih. 

Grand New Xenia juga dilengkapi dengan rear camera, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan daiam berkendara. Tak hanya itu, khusus untuk Grand New Xenia 1.5, dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih advanced, seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Bmkeforce Distribution (EBD).

Grand New Xenia memiliki 8 piiihan warna, yakni 3 warna baru, Pear, White, Bronze Metailic, dan Blue Metallic. Disusul 5 warna lainnya, yakni Icy White, Classic Silver, Dark Red Metallic, Dark Grey Metallic, dan Midnight Black. Untuk pasar Surabaya, harga on the road Grand New Xenia dibanderol mulai Rp 187,1 juta sampai Rp 232,2 juta. (hari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here