Pilkades Serentak, Pemkab Siapkan Anggaran Rp 3,1 Milyar

BANYUWANGI|BIDIK, Pemkab Banyuwangi menyiapkan anggaran sebesar 3,1 milyar dari perubahan APBD Banyuwangi 2017 untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Anggaran tersebut akan terbagi untuk 51 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Rencananya dana tersebut akan mulai di salurkan ke masing-masing Desa pada 25 September 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan, Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Banyuwangi, Choiril Ustadi usai menghadiri rapat koordinasi terkait persiapan pencairan anggaran Pilkades serentak, Selasa (12/09) di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi.

Menurutnya, dana pilkades untuk masing-masing Desa itu merupakan bantuan dana hibah. Awalnya Pemkab hanya menganggarkan sebesar 1,3 milyar, namun akhirnya mendapat tambahan sebesar 1,8 milyar.

“Dalam minggu ini prosesnya verifikasi Gubernur, mudah-mudahan minggu depan disahkan, sambil menunggu verifikasi, kita percepat pengajuan kajian sebagai tahapan pencairannya,” papar Ustadi.

Dijelaskannya, guna mendukung persiapan Pilkades serentak tersebut,  sebenarnya tiap Desa bisa menggunakan anggaran lain, asalkan sudah masuk dalam rekening APBDes.

“Jika direkening APBDes itu ada angkanya, silahkan digunakan dulu, sambil nunggu verifikasi, jadi tidak perlu menunggu anggaran perubahan APBD 2018 masuk APBDes,” imbuhnya.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Banyuwangi akan dilaksanakan pada 8 November 2017, dan akan diikuti sebanyak 51 Desa dari 25 Kecamatan.(nng)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*