Pemkab Banyuwangi Berencana Naikkan Tarif PDAM

BANYUWANGI|BIDIK, Guna memaksimalkan pelayanan, Pemkab Banyuwangi berencana akan menaikkan tarif PDAM Banyuwangi.

Untuk itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas meminta kepada DPRD Banyuwangi untuk segera mengkaji terkait rencana kenaikan tarif PDAM tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Anas usai menghadiri sidang Paripurna pengesahan Perubahan Anggaran APBD 2017 di Gedung DPRD Banyuwangi, Jum’at (08/09).

“PDAM kita sudah 13 tahun gak pernah naik, tarifnya dengan Bondowoso saja kita lebih mahal Bondowoso,” ujar Bupati Anas.

Selama ini Pemkab yang membantu PDAM, dan tahun ini Pemkab sudah investasi sebesar 30 milyar untuk PDAM.

Dijelaskan Anas, banyak orang mengeluh terkait layanan PDAM, itu karena PDAM tidak berinvestasi, dan tarifnya gak pernah naik. Sedangkan pengguna tiap tahun bertambah. Sehingga PDAM tidak bisa menambah sumber mata air, belum lagi pipa-pipanya itu sudah lama, dan harus diganti.

“Naiknya tarif nanti, bukan untuk kepentingan mencari keuntungan, tetapi untuk reinvestasi, saya minta anggota dewan mengkaji dengan PDAM,” imbuhnya.

Selama ini pendapatan PDAM tidak pernah ada kenaikan, itu karena untuk investasi yang keci-kecil, jadinya tidak ada pemasukan untuk daerah.

Anas juga mengungkapkan, sebenarnya wacana kenaikan tarif ini sejak lima tahun lalu, namun pihaknya ingin hal itu dilaksanakan pelan-pelan.(nng)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*